تطبيق التعليم باستخدام كتاب "تحسين الكتابة الاعتيادية" لترقية مهارة كتابة الخط بمدرسة المتوسطة الإسلامية جبل النور سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, I'anatus (2018) تطبيق التعليم باستخدام كتاب "تحسين الكتابة الاعتيادية" لترقية مهارة كتابة الخط بمدرسة المتوسطة الإسلامية جبل النور سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
I'anatus Sholihah_D92214083.pdf

Download (3MB)

Abstract

“Tahsin Kitabah Al-I’tiyadiyah” merupakan salah satu mata pelajaran penting yang terdapat dalam pelajaran Seni dan Budaya yang di ajarkan di Madrasah Tsanawiyah Jabal Noer Sidoarjo di kelas 8 dengan menggunakan metode pembelajaran Taqlidi Hamidi (tradisional). Metode pembelajaran taqlidi yang jelas sanad keguruannya serta bertumpu pada kekuatan kaidah penulisan huruf-huruf arab dengan baik dan benar sehingga tidak menimbulkan bacaan atau arti yang salah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kurikulum pembelajaran yang digunakan oleh guru dan bagaimana penerapannya dalam mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil tempat di Madrasah Tsanawiyah Jabal Noer Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran kaligrafi yang dirancang oleh guru diantaranya program tahunan, program semester, RPP, dan silabus, sudah cukup baik. Dalam penerapan pengajarannya guru melakukan langkah-langkah pengajarannya dengan baik sesuai dengan rancangan pembelajaran yang sudah dibuat. Dari hasil tersebut diperoleh kesimpulan bahwa rancangan pembelajaran kaligrafi ini sudah di terapkan dengan baik sehingga mampu mencapai tujuanbelajar dan mengajar siswa di kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, I'anatusatusian@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Khat; Tahsin Kitabah Al-I’tiyadiyah; Keterampilan Menulis Kaligrafi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sholihah I'anatus
Date Deposited: 14 Aug 2018 01:49
Last Modified: 21 Mar 2019 03:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27240

Actions (login required)

View Item View Item