Profil Penalaran Kombinatorial siswa Madrasah Tsanawiyah dalam menyelesaikan soal Olimpiade Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarrohah, Faiqotul (2018) Profil Penalaran Kombinatorial siswa Madrasah Tsanawiyah dalam menyelesaikan soal Olimpiade Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faiqotul Mufarrohah_D74214057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penalaran kombinatorial adalah salah satu kemampuan penalaran matematis siswa untuk menentukan sistematika pemecahan masalah dengan mengombinasikan seluruh alternatif jawaban menggunakan konsep dan materi yang berkaitan dengan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran terperinci mengenai penalaran kombinatorial siswa madrasah tsanawiyah dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Assaadah I Bungah Gresik pada semester Genap tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan subjek menggunakan teknik proposive sampling. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 4 siswa SMP di bawah naungan bimbingan olimpiade matematika. Instrumen yang digunakan berupa soal tes tertulis penalaran kombinatorial dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa (MTs) di bawah naungan bimbingan olimpiade matematika yang memiliki kemampuan matematika tinggi, tidak semuanya mampu memenuhi semua tahapan penalaran kombinatorial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarrohah, FaiqotulFaiqotulmufarrohah28@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Penalaran Kombinatorial; Soal Olimpiade Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mufarrohah Faiqotul
Date Deposited: 13 Aug 2018 06:54
Last Modified: 13 Aug 2018 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27341

Actions (login required)

View Item View Item