Kajian hukum Islam terhadap kontrak penerbitan buku Tears of a Little Star: studi kasus di Penerbit New Paradigma

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ridho, Zulham Purnama (2018) Kajian hukum Islam terhadap kontrak penerbitan buku Tears of a Little Star: studi kasus di Penerbit New Paradigma. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulham Purnama Ridho_C52212114.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (field research) dengan objek penelitian Penerbit New Paradigma Publishing di Kota Batam. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah, yaitu: Bagaimana implementasi kontrak terhadap Penerbitan Buku Tears of a Little Star di Penerbit New Paradigma Kota Batam dan Bagaimana kajian hukum Islam terhadap implementasi kontrak penerbitan buku Tears of a Little Star di penerbit New Paradigma Kota Batam? Dalam penelitiannya, skripsi ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian diolah dengan cara editing, organizing, dan dianalisis dengan metode deskriptif analisis dengan menggunakan teori mu’amalah tijariyah. Yaitu teori jual beli, ijarah dan shirkah untuk menghasilkan sebuah kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di Penerbit New Paradigma Kota Batam, ditemukan bahwa penulis dan penerbit melakukan kontrak bisnis dalam bentuk Surat Perjanjian Penerbitan Buku untuk menerbitkan sebuah buku yang berjudul “Tears of a Little Star”. Kontrak yang dilakukan kedua belah pihak memuat tentang hak dan kewajiban penerbit dan penulis. Penerbit wajib menerbitkan naskah penulis dan menjualnya ke toko-toko buku, sedangkan penulis wajib menulis naskah untuk diterbitkan. Dari segi sistem pembagian hasil usaha, penerbit menerapkan prinsip revenue sharing, yaitu penulis berhak atas royalti sebesar 20% (dua puluh persen) dari buku-buku yang terjual. Sedangkan penerbit mendapatkan sisanya setelah dikurangi untuk biaya percetakan, distributor dan toko buku. Jika ditinjau dari segi akad, maka kontrak yang dilakukan penerbit dan penulis jelas melakukan akad bisnis. Dalam mu’amalah akad bisnis dibagi menjadi tiga, yaitu: jual beli, ijarah (sewa menyewa) dan shirkah (perserikatan). Jika praktik kontrak penerbitan buku Tears of a Little Star ini dianalisis melalui tiga teori di atas, maka teori yang sangat pas adalah menggunakan teori shirkah (perserikatan) dengan jenis ‘abdan. Hal ini dikarenakan rukun dan syarat dalam akad shirkah ‘abdan terpenuhi. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka hendaknya dalam melakukan akad kerjasama kedua belah pihak menjelaskan secara detail porsi keuntungan masing-masing dalam surat perjanjian. Karena walaupun diketahui secara lisan, jika tidak tertuang dalam tulisan hal ini bisa menimbulkan sengketa kedepannya karena iri dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ridho, Zulham Purnamazulhamridho93@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum
Bisnis
Keywords: Kajian Hukum Islam; Kontrak Bisnis; Shirkah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridho Zulham Purnama
Date Deposited: 15 Aug 2018 08:20
Last Modified: 15 Aug 2018 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27449

Actions (login required)

View Item View Item