Strategi pengembangan kompetensi dalam membangun social entrepreneur bagi mahasiswa di Komunitas Sahabat Muda Yayasan Lagzis Peduli Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dusturiya, Nyda (2018) Strategi pengembangan kompetensi dalam membangun social entrepreneur bagi mahasiswa di Komunitas Sahabat Muda Yayasan Lagzis Peduli Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nyda Dusturiya_G74214060.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktik pelatihan kompetensi dan bagaimana strategi pengembangan kompetensi dalam membangun social entrepreneur bagi mahasiswa di komunitas sahabat muda. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian tersebut antara lain praktik pelatihan kompetensi yang dilakukan di komunitas sahabat muda dilakukan dengan pelatihan kompetensi antara lain aksi di lapangan, kelas/pelatihan, magang, dan roleplay. Kompetensi-kompetensi yang dipelajari terdiri dari kompetensi utama dan kompetensi penunjang. Kompetensi utama antara lain sahabat peduli, bisnis sosial, fundrising, dan pelayanan donatur. Kompetensi penunjang antara lain administrasi, keuangan, HRD, dan rumah tangga. Strategi pengembangan kompetensi yang diterapkan antara lain membangun karakter, melatih kompetensi, dan menyiapkan calon pemimpin. Dari segi Syariah dapat dilihat dari strategi membangun karakter yang bertujuan untuk membangun akhlaq seorang wirausaha. Sehingga tidak hanya tercapai seorang wirausaha tetapi wirausaha peduli sosial dengan akhlaq yang baik. Saran dari penulis untuk komunitas sahabat muda adalah melakukan monitoring dan evaluasi yang lebih baik untuk menjaga komitmen relawan serta pengembangan program yang lebih inovatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dusturiya, Nydanydadusturiya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Manajemen Strategi
Wirausaha
Keywords: Strategi; kompetensi; social entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dusturiya Nyda
Date Deposited: 15 Aug 2018 01:20
Last Modified: 15 Aug 2018 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27535

Actions (login required)

View Item View Item