Konsep etika Syekh al Zarnuji dalam kitab Ta'lim al Muta'allim: analisis hermeneutika Hans-Georg Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Feri, Rahmad Abdul (2018) Konsep etika Syekh al Zarnuji dalam kitab Ta'lim al Muta'allim: analisis hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmad Abdul Feri_E71213111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dewasa ini bangsa Indonesia dihebohkan dengan fenomena merosotnya moral dan akhlak siswa-siswi. Narkoba, tawuran antar pelajar dan seks bebas acapkali menghiasi berita televisi nasional. Persoalan ini menuntut suatu formula agar segera terselesaikan. Karenanya, pendidikan sebagai wadah untuk mencerdaskan bangsa juga bertujuan untuk membentuk keperibadian yang berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur. Namun seiring merambahnya arus globalisasi yang sedemikian rumit mempengaruhi pada perubahan sosial tertentu. Penelitian ini secara fokus membahas tentang doktrin etika pendidikan syekh al-Zarnuji yang terdapat di dalam kitab Ta‘lim al-Muta‘llim dari sudut pandang hermeneutika sehingga pembahasannya lebih kepada pemahaman filsafat. Kitab ini berisikan ajaran-ajaran al-Zarnuji terkait dengan tata cara menjalani proses pendidikan secara benar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) di mana peneliti mengambil beberapa referensi penelitian terdahulu dan buku-buku yang membahas tentang kitab tersebut. Untuk mendapat hasil maksimal, peneliti menggunakan analisis filsafat hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Dari penelusuran akan teks menggunakan pisau analisa hermeneutika, peneliti menemukan bahwa kitab Ta‘lim al-Muta‘llim ditulis sebagai respon terhadap kondisi masyarakat pada waktu itu. Sedangkan ajaran etikanya termasuk dalam kategori etika normatif, yang secara khusus termasuk ke dalam kategori etika kasuistik dan etika eudeimonia (kebahagiaan tertinggi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Feri, Rahmad Abdulabd.feri07@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Etika
Keywords: Hermeneutika Hans-George Gadamer; al-Zarnuji; Ta‘lim al Muta‘llim; Etika Kasuistik; Etika Eudeimonia; Pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Feri Rahmad Abdul
Date Deposited: 31 Aug 2018 08:48
Last Modified: 23 Apr 2019 05:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27914

Actions (login required)

View Item View Item