Efektivitas Pembelajaran Akhlaq di Madrasah lbtidaiyah Al Azhar Mojosari Asembagus Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Susanti, Maria (2009) Efektivitas Pembelajaran Akhlaq di Madrasah lbtidaiyah Al Azhar Mojosari Asembagus Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maria Susanti_D51206220.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27991

Abstract

Akhlaq hendaknya selalu menjadi landasan bagi kehidupan manusia. Sebab kalau tidak demikian, maka kehancuran ini akan menimpa, baik pada generasi sekarang maupun yang akan datang. Dalam penelitian ini difokuskan pada rumusan masalah: 1) Bagaimana efektivitas perencanaan pembelajaran akhlaq; 2) Bagaimana efektivitas pelaksanaan pembelajaran akhlaq; 3) Bagaimana efektivitas evaluasi pembelajaran akhlaq. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode pengumpulan data teknik interview, observasi, dan dekomuntasi. Sedangkan penyajian analisa data menggunakan kualitatif deskriptif, karena penelitian im dilakukan untuk meneliti tentang Efektifitas Pembelajaran Akhlak. Dari paparan dan pembahasan data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Efektivitas Perencanaan Pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Mojosari belum optimal dan masih perlu adanya peningkatan perencanaan pembelajaran. Karena di MI Al-Azhar masih menitik beratkan perencanaan pembelajaran itu pada pembuatan silabus. Kedua; Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran akhlak di Madarasah lbtidaiyah Al-Azhar Mojosari masih belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari komponen efektivitas pelaksanaan pembelajaran seperti: media pembelajaran, pemberian catatan ringkas, efektivitas komunikasi, pemberian motivasi pada siswa, pemilihan metode pembelajaran, serta variasi model pembelajaran kurang efektif. Ketiga; Efekti vitas Evaluasi Pembelajaran akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Al-Azhar Mojosari bagi siswa MI Al-Azhar berjalan dengan baik, sedangkan evaJuasi bagi guru masih kurang maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Susanti, Maria--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Efektivitas Pembelajaran Akhlaq
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2018 03:32
Last Modified: 14 Sep 2018 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27991

Actions (login required)

View Item View Item