KORELASI ANTARA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PGPQ (PENDIDIKAN GURU PENGAJAR AL-QUR’AN) DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA MA UNGGULAN TULANGAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Nur Asyrofiyah (2015) KORELASI ANTARA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PGPQ (PENDIDIKAN GURU PENGAJAR AL-QUR’AN) DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA MA UNGGULAN TULANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (358kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sangat membantu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam hal ini penulis memilih ekstrakurikuler PGPQ dan prestasi belajar sebagai variabel penelitiannya. Ekstrakurikuler PGPQ merupakan bentuk upaya dalam mencetak lulusan yang unggul dan berprestasi disertai iman dan taqwa, serta mempersiapkan dan membina siswa menjadi calon guru pendidikan al-Qur’an. Sehingga dengan mengikuti kegiatan ini, siswa diharapkan mampu mengembangkan minat, bakat, serta menunjang prestasi belajar siswa.
Berdasarkan paparan di atas, maka permasalahan yang timbul adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PGPQ di MA Unggulan Tulangan Sidoarjo, bagaimana prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PGPQ di MA Unggulan Tulangan Sidoarjo, dan Adakah korelasi antara kegiatan ekstrakurikuler PGPQ dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa MA Unggulan Tulangan Sidoarjo.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PGPQ, kemudian untuk mengetahui prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa yang terpilih untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PGPQ, dan yang terakhir adalah untuk mengetahui korelasi antara kegiatan ekstrakurikuler PGPQ dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa.
Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode antara lain adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan menyebar angket dengan jumlah responden 32 orang siswa dan jumlah responden tersebut merupakan populasi dari siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PGPQ. Setelah data diperoleh, maka penulis menganalisanya dengan menggunakan dua teknik analisa yaitu pertama menggunakan analisa persentase untuk jenis data kuantitatif dan yang kedua penulis menggunakan analisa Product Moment untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel.
Setelah peneliti selesai melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan/korelasi positif antara kegiatan ekstrakurikuler PGPQ dengan prestasi belajar al-Qur’an hadits siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r = 0,364 yang menunjukkan besarnya hubungan antara kedua variabel.
vii

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Nur AsyrofiyahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Korelasi; Ekstrakulikuler; Belajar Al-Qur'an;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 22 Jan 2016 06:09
Last Modified: 22 Jan 2016 06:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2802

Actions (login required)

View Item View Item