This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayati, Nur Asyrofiyah (2015) KORELASI ANTARA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PGPQ (PENDIDIKAN GURU PENGAJAR AL-QUR’AN) DENGAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA MA UNGGULAN TULANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (774kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (358kB) | Preview |
Abstract
Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sangat membantu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam hal ini penulis memilih ekstrakurikuler PGPQ dan prestasi belajar sebagai variabel penelitiannya. Ekstrakurikuler PGPQ merupakan bentuk upaya dalam mencetak lulusan yang unggul dan berprestasi disertai iman dan taqwa, serta mempersiapkan dan membina siswa menjadi calon guru pendidikan al-Qur’an. Sehingga dengan mengikuti kegiatan ini, siswa diharapkan mampu mengembangkan minat, bakat, serta menunjang prestasi belajar siswa.
Berdasarkan paparan di atas, maka permasalahan yang timbul adalah bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PGPQ di MA Unggulan Tulangan Sidoarjo, bagaimana prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PGPQ di MA Unggulan Tulangan Sidoarjo, dan Adakah korelasi antara kegiatan ekstrakurikuler PGPQ dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa MA Unggulan Tulangan Sidoarjo.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PGPQ, kemudian untuk mengetahui prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa yang terpilih untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PGPQ, dan yang terakhir adalah untuk mengetahui korelasi antara kegiatan ekstrakurikuler PGPQ dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa.
Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode antara lain adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan menyebar angket dengan jumlah responden 32 orang siswa dan jumlah responden tersebut merupakan populasi dari siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PGPQ. Setelah data diperoleh, maka penulis menganalisanya dengan menggunakan dua teknik analisa yaitu pertama menggunakan analisa persentase untuk jenis data kuantitatif dan yang kedua penulis menggunakan analisa Product Moment untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara dua variabel.
Setelah peneliti selesai melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan/korelasi positif antara kegiatan ekstrakurikuler PGPQ dengan prestasi belajar al-Qur’an hadits siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai r = 0,364 yang menunjukkan besarnya hubungan antara kedua variabel.
vii
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem |
||||||
Keywords: | Korelasi; Ekstrakulikuler; Belajar Al-Qur'an; | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Mr. Hanafi | ||||||
Date Deposited: | 22 Jan 2016 06:09 | ||||||
Last Modified: | 22 Jan 2016 06:09 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2802 |
Actions (login required)
View Item |