Peran KH Nashiruddin Qodir dalam mendirikan dan mengembangkan Pondok Pesantren Darut Tauhid Al Hasaniyyah Sendang Senori Tuban (1988-2017)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elviyani, Eva (2018) Peran KH Nashiruddin Qodir dalam mendirikan dan mengembangkan Pondok Pesantren Darut Tauhid Al Hasaniyyah Sendang Senori Tuban (1988-2017). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Elviyani_A92214098.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran KH. Nashiruddin Qodir dalam Mendirikan dan Mengembangkan Pondok Pesantren Darut Tauhid Al Hasaniyyah Sendang Senori Tuban Tahun 1988-2017”. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana biografi KH. Nashiruddin Qodir, (2) Bagaimana sejarah Pondok Pesantren Darut Tauhid Al Hasaniyyah pada tahun 1988-2017, (3) Bagaimana peran KH. Nashiruddin dalam mengembangkan pondok pesantren Darut Tauhid Al Hasaniyyah. Penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah yang terdiri dari beberapa, yaitu: (1) Heuristik (pengumpulan data), (2) Verivikasi (kritik sumber), (3) Interpretasi (penafsiran sumber), (4) Historiografi (penulisan sejarah). Pendekatan yang digunakan dalam skripsi ini adalah pendekatan historis deskriptif. Pendekatan ini digunakan untuk mendeskripsikan tentang riwayat hidup KH. Nashiruddin Qodir dari lahir hingga menjadi pengasuh pondok pesantren dan peranannya dalam mengembangkan pondok pesantren Darut Tauhid Al Hasaniyyah. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Continuity and Chaneg oleh Jhon Obert Voll, teori peranan oleh Biddle dan Thomas, dan teori kepemimpinan oleh Max Weber. Dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) KH. Nashiruddin Qodir lahir di Tuban pada tanggal 1 Juli 1949 dari pasangan H. Abdul Qodir dan Hj. Suwaedah. KH. Nashiruddin menikah dengan Hj. Siti Khoiriyah dan dikaruniai tujuh orang anak. KH. Nashiruddin pernah mondok di pondok pesantren MIS Sarang. (2) Pondok pesantren Darut Tauhid Al Hasaniyyah didirikan pada tahun 1988. Perkembangan pondok pesantren Darut Tauhid Al Hasaniyyah sangat pesat mulai dari sarana dan prasarana, lembaga pendidikan, serta jumlah santri. (3) Peran yang dilakukan KH. Nashiruddin Qodir dalam mengembangkan pondok pesantren Darut Tauhid Al Hasaniyyah adalah sebagai pengumpul dana, dalam bidang sosial dan keagamaan, serta sebagai inisiator pendirian Ma’had Aly Al Hasaniyyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elviyani, Evaevaelviyani2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biografi > Biografi Islam
Sejarah > Islam
Sejarah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: KH Nashiruddin Qodir; Pondok Pesantren Darut Tauhid Al Hasaniyyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Elviyani Eva
Date Deposited: 06 Nov 2018 07:46
Last Modified: 06 Nov 2018 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28405

Actions (login required)

View Item View Item