فعالية استخدام وسيلة تدوين مرئي في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الاستماع لطلاب الصف الثّامن بمدرسة نور الهدى المتوسطة الإسلامية سيداتي سيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi'ah, Khofidlotur (2018) فعالية استخدام وسيلة تدوين مرئي في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الاستماع لطلاب الصف الثّامن بمدرسة نور الهدى المتوسطة الإسلامية سيداتي سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khofidlotur Rofi'ah_D72214051.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa-siswi dalam keterampilan mendengarkan masih lemah karena siswa-siswi belum bisa menguasai keterampilan mendengarkan dengan baik. Hal ini guru kurang melatih siswa dalam keterampilan mendengarkan setiap pelajaran bahasa Arab. Dilihat dari masalah itu peneliti menerapkan media video VLOG (Video-Blogging) dalam meningkatkan keterampilan mendengar dalam bahasa Arab dan untuk memudahkan mempelajari bahasa Arab. Maka dari itu peneliti membahas dengan rumusan masalah yaitu bagaimana kemampuan keterampilan mendengar siswa-siswi kelas 8 MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo sebelum menggunakan media VLOG (Video-Blogging) dalam pembelajaran bahasa Arab, bagaimana penggunaan media VLOG (Video-Blogging) tersebut dan bagaimana efektifitas penggunaan media VLOG (Video-Blogging) tersebut. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Analisis metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu rumus Tes “t” dan metode pengumpulan data peneliti menerapkan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan hasil penelitian ini yaitu adanya efektifitas penggunaan media VLOG (Video-Blogging) dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan mendengar untuk siswa-siswi kelas 8 MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Hasil thitung yaitu -12,44 lebih kecil dari hasil ttabel yaitu -1,696. Itu menunjukkan Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Disebut dengan menggunakan media VLOG (Video-Blogging) lebih baik dalam meningkatkan keterampilan mendengar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi'ah, Khofidloturkhofidloturrofiah2412@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Penggunaan Media; Keterampilan Mendengar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Rofi'ah Khofidlotur
Date Deposited: 16 Nov 2018 06:16
Last Modified: 16 Nov 2018 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28587

Actions (login required)

View Item View Item