Penafsiran al-Quran dalam kitab-kitab karya K.H. Hashim Ash’ari

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musthafa, Ahmad Hikam (2018) Penafsiran al-Quran dalam kitab-kitab karya K.H. Hashim Ash’ari. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Hikam Musthafa_E93214070.pdf

Download (5MB)

Abstract

Istilah tafsir secara umum memiliki definisiketerangan atau penjelasan dari sebuah teks. Adanya usaha menafsirkan Alquran sendiri memiliki tujuanuntuk menjelaskan kandungan makna ayat Alquran secara lebih detail, baik hikmah, pesan moral, hukum-hukumnya, maupun nilai-nilai etik universal yang ada didalamnya. Dalam penelitian ini ada usaha menelaah bagaimana penafsiranK.H. Hashim Ash’ari. Juga untuk meneliti metodologi beserta corak pemikiran K.H. Hashim Ash’ari dalam melakukan dialektika terhadap ayat Alquran. Penelitian ini menggunakan metode library research atau penelitian pustaka, yaitu mengkaji sejarah dan karya K.H. Hashim Ash’ari dengan kemudian mengelompokkannya kedalam pemetaan penafsiran yang mashur digunakan. Dengan data primer yaitu yaitu: Al-Tibyan, Muqaddimah al-Qanun al-Asasi li Jam’iyyati Nahdlatil ‘Ulama’, Risalah fi Ta’akkud,Risalah Tusamma bi al-Mawa’iz, danRisalah Ahlissunnah wa Al-Jama’ah. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan analisis-komparatif, yaitu mencoba membandingkan dengan buku-buku perihal ilmu tafsir sehingga kerangka teoritis metodologi penafsiran beliau. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penafsiran K.H. Hashim Ash’ari adalah pembahasan mengenai persatuan dan ukhuwah Islamiyah, mencari petunjuk (bermadhhab), dan perintah berdakwah.Penafsiran yang dihasilkan bercorak tafsir Adabi Ijtima‘i karena berangkat dari keadaan sosial di Nusantara dengan metode yang digunakandalam menafsirkan Alquran yaitu metode tafsir Mawdu’iy (tematik) dengan pola penafsiran bi al-ra’yi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musthafa, Ahmad Hikamikamahmad@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Islam > Islam, Pembaharuan
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tafsir; metode; corak tafsir; KH. Hasim Ash’ari
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ahmad Hikam Musthafa
Date Deposited: 16 Nov 2018 08:38
Last Modified: 16 Nov 2018 08:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28624

Actions (login required)

View Item View Item