Dakwah dan aliran kebatinan Sumarah: studi tentang proses dakwah Islamiyah bagi penganut Sumarah di Desa Mojorejo Kec. Kebonsari Kab. Madiun

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muklis, Immaludin (1996) Dakwah dan aliran kebatinan Sumarah: studi tentang proses dakwah Islamiyah bagi penganut Sumarah di Desa Mojorejo Kec. Kebonsari Kab. Madiun. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Immaludin Muklis_119100192.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28909

Abstract

Untuk mengetahui lebih jauh gambaran tentang mengapa sampai saat ini masih ada penganut sumarah walupun hanya sedikit dan bagaimana proses dakwah Islamiyah dalam mengarahkan dan meluruskan penganut sumarah tersebut pada ajaran Islam secara murni, maka dalam hal ini diperlukan penelitian yang lebih mendalam. Dalam penelitian ini penulis mengangkat beberapa masalah yakni bagaimana sebenarnya paguyuban sumarah yang dikembangkan di Desa Mojorejo Kec. Kebonsari Kab. Madiun itu. Bagaimana proses dakwah Islamiyah yang ditujukan untuk mengembalikan penganut sumarah pada Kemurnian Islam di Desa Mojorejo itu. Dari penelitian yang dilakukan pada site penelitian di daerah Mojorejo Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Propinsi Jawa Timur, peneliti memperoleh temuan-temuan data diantaranya bahwa ajaran Sumarah yang dikembangkan di Desa Mojorejo Kecamatan Kebonsari Madiun pada intinya menekankan pada keberadaan Allah, tanpa harus melaksanakan ajaran-ajaran sebagaimana yang ditetapkan oleh Allah dalam Al qur'an atau pun Al Hadits. Upaya dakwah yang dilaksanakan untuk orang Sumarah di desa Mojorejo adalah dengan pendekatan personal yang memakai metode home visit maupun bimbingan agama yang berupa bimbingan masalah ibadah yang dilakukan dari rumah ke rumah ataupun berdasarkan profesi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muklis, Immaludin--UNSPECIFIED
Subjects: Aliran Kebatinan
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: Dakwah; aliran kebatinan; Sumarah; dakwah Islamiyah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2018 03:47
Last Modified: 21 Dec 2018 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28909

Actions (login required)

View Item View Item