Efektivitas Buletin "Flash News" New Median terhadap pengetahuan karyawan mengenai informasi perusahaan: studi di PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Surabaya-Gempol

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fariha, Laila (2011) Efektivitas Buletin "Flash News" New Median terhadap pengetahuan karyawan mengenai informasi perusahaan: studi di PT. Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Surabaya-Gempol. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laila Fariha_B06207016.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29089

Abstract

Salah satu media komunikasi yang digunakan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Surabaya-Gempol, untuk meningkatkan pengetahuan karyawan diperusahaan melalui media komunikasi internal yang berupa buletin. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah efektif buletin ""Flash News" New Median terhadap pengetahuan karyawan mengenai infonnasi perusahaan, dan sejauhmana tingkat keefektifan buletin ""Flash News" New Median terhadap pengetahuan karyawan mengenai informasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya buletin ""Flash News" New Median terhadap pengetahuan karyawan mengenai informasi perusahaan, dan mengetahui sejauhmana tingkat keefektifan buletin "Flash News" New Median terhadap pengetahuan karyawan mengenai informasi perusahaan. Sesuai konsep dan teori tentang efek media maka penelitian ini menggunakan kajian teori S-0-R (Stimulus-Organisme-Respon) untuk mengetahui hal tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survey, teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini berjumlah 582 karyawan yang kemudian diambil sampel I 0% menjadi 58 karyawan. teknik pengambilan sampel-nya menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data koefisien korelasi sederhana product moment, untuk mengukur tingkat efektivitas digunakan rumus ""Uji-t". Penelitian ini membuktikan bahwa ada efektivitas yang signifikan antara buletin ""Flash News" New Median terhadap pengetahuan karyawan mengenai informasi perusahaan. Dengan taraf kepercayaan 0,05 (5%), maka dapat diperoleh harga r hitung lebih besar dari pada r tabel (0,608 > 0,258), sehingga HO ditolak dan Ha diterima. Artinya ada efektivitas yang signifikan antara buletin "Flash News" New Median terhadap pengetahuan karyawan mengenai informasi perusahaan. Berdasarkan harga koefisien korelasi sebesar 0,608, dimana harga korelasinya bersifat positif, artinya semakin tinggi tingkat membaca buletin ""Flash News" New Median maka semakin tinggi tingkat pengetahuan karyawan mengenai informasi perusahaan. Dalam uji-t nilai t hitung > t tabel (5,7 > 2,003) dan P value (0,000 < 0,05) maka HO ditolak dan Ha diterima. A11inya bahwa ada Ada efektivitas buletin "'Flash News" New Median terhadap pengetahuan karyawan mengenai infom1asi di PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Surabaya­ Gempol.Karena t hitung nilainya positif, maka berarti keefcktifan buletin •"Flash News" New Median bemilai positif dan signifikan terhadap pengetahuan karyawan mengenai infonnasi di PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Surabaya­ Gempol.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fariha, Laila--UNSPECIFIED
Subjects: Media Massa
Tenaga Kerja
Keywords: Komunikasi Media Public Relations; Buletin; Pengetahuan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2019 07:56
Last Modified: 23 Jan 2019 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29089

Actions (login required)

View Item View Item