Analisis aspek kriminologi dalam putusan pengadilan Negeri Mojokerto no. 691/Pid.B/2006/PN. Mkrt tentang pembunuhan berencana ditinjau dari hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Efendi, Rizal Khalid (2009) Analisis aspek kriminologi dalam putusan pengadilan Negeri Mojokerto no. 691/Pid.B/2006/PN. Mkrt tentang pembunuhan berencana ditinjau dari hukum Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizal Khalid Efendi_C33205010.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/29203

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian untuk menjawab pertanyaan "Bagaimanakah aspek kriminologi dalam pengungkapan kasus pembunuhan berencana yang diputus oleh Pengadilan Negeri Mojokerto serta Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap aspek kriminologi dalam mengungkap pembunuhan berencana yang diputus Pengadilan Negeri Mojokerto tersebut. Penelitian ini dihimpun melalui pembacaan dan kajian teks (Text Reading) berupa dokumen, berkas, serta pustaka. Adapun tentang berkas serta dokumen-dokumen yang dikumpulkan meliputi putusan Pengadilan Negeri Mojokerto tentang pembunuhan berencana yang dideskripsikan secara lengkap dan jelas sehingga dapat diperoleh kronologi peristiwa serta aspek kriminologi dalam pengungkapan kasus tersebut. Adapun metode yang digunakan oleh penulis yaitu, Verivikatif Analisi yaitu suatu metode yang menghubungkan dunia teori dengan dunia empiris. Setelah mengetahui putusan Pengadilan Negeri Mojokerto, sehingga dapat dianalisa tentang pek kriminologinya serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap aspek kriminologi kasus tersebut. Intinya adalah dalam hal ini penulis menggunakan po1a pikir deduktif. Pofa pikir deduktif yaitu untuk menganalisa data masukan yang bersifat umum yang berupa dalil-dalil, pendapat, teori dll. Agar diketahui aspek krminologi dalam pengungkapan kasus tersebut. Dan dengan pola tersebut penulis dapat menyelesaikan skripsi ini secara sistematis. Dan dalam menganalisa aspek kriminologi tersebut tentunya dalam hal ini, penulis tidak terlepas dari pendekatan-pendekatan dalam kriminologi untuk mendukung analisa yang dilakukan mengenai substansi pokok daripada penelitian ini ialah pehjelasan tentang aspek atau sudut pandang kriminologi dalam pengungkapan kasus pembunuhan berencana yang diputus pengadilan Mojokerto, dimana dalam hal ini tindak penganiayaan yang dilakukan terlebih dahulu serta penggunaan senjata tajam merupakan aspek atau sudut pandang kriminologi dalam pengungkapan kasus tersebut. Adapun bukti yang meyakinkan tentang penggunaan senjata tajam ialah keterangan aksi dan terdakwa sendiri serta keterangan ahli yang berupa surat keterangan atau visum et repertum. Dan dalam islam, kesemua hal tersebut yang dikemukakan mengenai aspek kriminologi, terdapat pula penjelasan serta ketentuan-ketentuannya berkenaan dengan hal tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Efendi, Rizal KhalidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Pembunuhan
Kriminologi
Keywords: Kriminologi; pengadilan Negeri Mojokerto no. 691/Pid.B/2006/PN. Mkrt; pembunuhan berencana; hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2019 02:37
Last Modified: 04 Feb 2019 02:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29203

Actions (login required)

View Item View Item