Bimbingan konseling islam dengan teknik biblioterapi dalam pembiasaan sholat anak usia dini di PAUD inklusi Melati Trisula Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khofiyah, Siti (2019) Bimbingan konseling islam dengan teknik biblioterapi dalam pembiasaan sholat anak usia dini di PAUD inklusi Melati Trisula Sidoarjo. Undergraduate thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Khofiyah_B93215087.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana proses Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Biblioterapi dalam pembiasaan Shalat Anak usia dini di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo? (2) Bagaimana hasil Bimbingan Konseling Islam dengan Teknik Biblioterapi dalam pembiasaan Shalat Anak usia dini di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo? Untuk menjawab permasalahan tersebut peneliti menggunkan pendekatan kualiatif, dengan analisis data komparatif yang mana dalam menjawab permasalahan tersebut peneliti membandingkan sebelum dan sesudah sesi konseling, sedangkan dalam memperoleh data peneliti mengumpulkan melalui, wawancara, observasi dan dokumentasi. dari hasil penelitian ini, pemberian teknik Biblioterapi dalam pembiasaan shalat anak usia dini terdapat 5 langkah proses konseling yang telah dilakukan yaitu, identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment, dan evaluasi atau follow up. Sedangkan dalam melaksanakan teknik biblioterapi terdapat 5 langkah yaitu pemberian motivasi, memberikan waktu yang cukup untuk membaca, inkubasi atau diskusi, tindak lanjut dan evaluasi. sedangkan buku yang digunakan dalam proses terapi yaitu kumpulan cerita “Pejuang Shubuh” dan “Ayo Belajar Shalat”. Hasil dari bimbingan dan konseling islam dengan teknik biblioteapi dalam pembiasaan shalat anak usia dini di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo dapat dikatakan cukup berhasil, hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan dalam kebiasaan shalat konseli, Ia lebih antusias dikala diajak orang tuanya untuk shalat di mushala dan mengerjakan shalat tanpa adanya paksaan dari orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khofiyah, Sitisitikhofiyah9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Salat
Keywords: Bimbingan Konseling Islam; Teknik Biblioterapi; Pembiasaan Shalat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Khofiyah Siti
Date Deposited: 07 Feb 2019 04:44
Last Modified: 07 Feb 2019 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29227

Actions (login required)

View Item View Item