NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasanah, Nur (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL SANG PEMIMPI KARYA ANDREA HIRATA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (598kB) | Preview
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (232kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (509kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang bertujuan untuk menumbuhkan kepribadian manusia berdasarkan atas al-Qur’an dan hadits dengan melekatkan nilai-nilai di dalamnya sebagai dasar demi mencapai tujuan hidup manusia yakni mengabdi pada Allah SWT. Nilai-nilai pendidikan Islam tersebut perlu ditanamkan sejak dini untuk menciptakan kebiasaan yang baik. Ada banyak cara menyampaikan nilai-nilai pendidikan Islam, misalnya novel. Selain mengandung hiburan, di dalamnya juga terdapat nilai-nilai yang bermakna bagi kehidupan serta dapat menimbulkan pikiran motivasi. Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata merupakan salah satu novel yang di dalamnya terdapat kisah-kisah edukatif. Novel ini banyak memberikan pesan tentang nilai-nilai pendidikan Islam kepada pembacanya. Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini ialah sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep tentang nilai-nilai pendidikan Islam? (2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui konsep tentang nilai-nilai pendidikan Islam. (2) Untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Sang Pemimpi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena menghasilkan data deskriptif (data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka). Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, dimana peneliti berusaha memahami subjek dari segi pandangan mereka sendiri. Sumber datanya diambil dari data primer novel Sang pemimpi karya Andrea Hirata, serta data sekunder yakni buku-buku mengenai nilai-nilai pendidikan Islam yang terkait dengan analisis isi novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata tersebut.
Adapun kesimpulan dalam penelitian ini: pertama, nilai-nilai pendidikan Islam terkandung dalam pokok-pokok dasar pendidikan Islam yang harus ditanamkan sebagai pondasi hidup yang sesuai dengan arah perkembangan jiwa, yang mencakup tauhid/ aqidah, ibadah, akhlak, dan kemasyarakatan. Kedua, dengan merujuk cerita/ isi, maka dapat diketahui bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata baik nilai Ilahiyah maupun nilai insaniyah antara lain: (1) nilai aqidah, (2) nilai ubudiyah, (3) nilai muamalah, (4) nilai etika, (5) Nilai Sosial (6) Nilai Estetika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Amir Maliki Abitolkha
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasanah, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Aries Hamidah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2015 07:36
Last Modified: 07 Dec 2015 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2926

Actions (login required)

View Item View Item