Sejarah pemikiran H.M. Rasjidi: filsafat agama (1915-2001 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauroni, Imam (2019) Sejarah pemikiran H.M. Rasjidi: filsafat agama (1915-2001 M). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

[img] Text
Imam Fauroni_A72214036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Pemikiran H. M. Rasjidi: Filsafat Agama (1915-2001 M)” yang meneliti beberapa masalah yakni: (1) Bagaimana biografi H.M. Rasjidi? (2) Bagaimana pemikiran filsafat H.M. Rasjidi? (3) Bagaimana kontribusi pemikiran H.M. Rasjidi terhadap umat Islam di Indonesia? Pendekatan yang digunakan untuk penulisan karya ilmiah ini ialah pendekatan filosofis Sedangkan penyusunannya metode penelitian sejarah; yaitu proses menguji dan menganalisis kesaksian sejarah guna menemukan data yang otentik dan dapat dipercaya untuk merekonstruksi kejadian masa lampau. Sedangkan teori yang digunakan ialah teori kritis menurut Horkheimer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) H.M. Rasjidi lahir di Kotagede Yogyakarta pada 20 Mei 1915 dan meninggal pada 30 Januari 2001. Rasjidi pernah menempuh pendidikan filsafat di Kairo Mesir (1931-1938). Dalam karirnya ia pernah menjabat sebagai menteri agama (1946), sekretaris Jenderal Kementerian Agama, sekretaris sekaligus bendahara dalam delegasi Republik ke negara-negara Timur Tengah, anggota delegasi di New Delhi (1947), Dubes RI untuk Republik Islam Pakistan, dosen McGill University, direktur Islamic Centre di Washington, dosen di Universitas Indonesia (1966), selain itu juga Rasjidi mempunyai 23 karya. (2) Pemikiran filsfat Rasjidi berawal dari lingkangan tempat tinggalnya yaitu Islam abangan, dari lingkungan itulah ia merasa harus memurnikan ajaran Islam. Rasjidi mengatakan setiap muslim harus meyakini bahwa semua kebenaran yang timbul sebagai hasil produk manusia adalah nisbi sifatnya. Kebenaran yang bersifat absolut dan pasti hanyalah berasal dari Dzat yang Haq, yaitu Allah SWT. (3) Rasjidi memberikan kontribusi terhadap umat Islam di Indonesia yaitu menjelaskan makna dan membela Islam yang sebenarnya, melawan kristenisasi, dan menjelaskan agar tidak mempercayai apa yang telah di rumuskan oleh manusia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauroni, Imamfauroniahmad.ski@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Filsafat > Filsafat Agama
Sejarah > Sejarah Indonesia
Sejarah Peradaban Islam
Sejarah > Islam
Sejarah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: HM. Rasjidi; Filsafat Agama
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fauroni Imam
Date Deposited: 12 Feb 2019 08:00
Last Modified: 12 Feb 2019 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29318

Actions (login required)

View Item View Item