الإعلال وأنواعه في سورة الأنعام (دراسة صرفية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mucharrom, Sayyidatu Nishvil (2019) الإعلال وأنواعه في سورة الأنعام (دراسة صرفية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sayyidatu Nishvil Mucharrom_A01215043.pdf

Download (4MB)

Abstract

I’lal adalah membuang huruf illat, mengganti hurufnya, atau mensukunkannya. I’lal juga merupakan ilmu untuk mengetahui asal sebuah kata yang sesuai dengan wazan dan merupakan kaidah yang mendasar dalam memahami bahasa Arab. Dengan begitu akan mempermudah dalam memahami bahasa Arab.Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai I’lal dan jenis-jenisnya dalam surat al-An’am. Dan surat al-An’am merupakan salah satu surat yang diturunkan sekaligus, yakni secara lengkap satu surat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua rumusan masalah, yaitu: 1) Apa saja ayat yang menunjukkan I’lal dalam surat al-An’am? 2) Apa saja macam-macam I’lal dan perubahannya dalam surat al-An’am?.Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan disiplin Sharaf khususnya pada pembahasan I’lal. Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yakni penelitian yang membahas atau menganalisis dan mengklarifikasikan mengenai I’lal yang terdapat dalam surat al-An’am. Dalam penelitian ini penulis membatasi pembahasan mengenai I’lal hanya pada kata kerja (fi’il) saja dan 74 ayat dari 165 ayat.Adapun hasil dari penelitian ini, telah ditemukan 134 kata yang mengandung I’lal. Adapun rinciannya adalah I’lal bi al-Qalbi 50 kata, I’lal bi al-Taskin 37 kata, I’lal bi al-Qalbi wa bi al-Hadhfi 5 kata, I’lal bi al-Taskin wa bi al-Hadhfi 26 kata, I’lal bi al- Taskin wa bi al-Qalbi 7 kata, I’lal bi al-Qalbi wa bi al- Hadhfi wa bi al-Taskin 5 kata, I’lal bi al-Hadhfi wa bi al-Qalbi 3 kata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mucharrom, Sayyidatu Nishvilluheviwaru@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Morfologi
Al Qur'an > Mukjizat al Quran
Al Qur'an
Keywords: Surat al-An’am, I’lal dan Macam-macamnya (Dirasah Sharfiyyah)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mucharrom Sayyidatu Nishvil
Date Deposited: 12 Feb 2019 04:46
Last Modified: 12 Feb 2019 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29376

Actions (login required)

View Item View Item