تطوير الكتاب التعليمي لتنمية مهارة القراءة على أساس المدخل الثقافي: تطوير كتاب الآجرومية وتجربته على طلاب الفصل الإعدادي بمعهد طيبة بسورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadiprayetno, Hadiprayetno (2019) تطوير الكتاب التعليمي لتنمية مهارة القراءة على أساس المدخل الثقافي: تطوير كتاب الآجرومية وتجربته على طلاب الفصل الإعدادي بمعهد طيبة بسورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hadiprayetno_F12616306.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui keistimewaan dari buku pembelajaran ini dalam meningkatkan keterampilan membaca mahasiswa di Pesma Thaybah Surabaya. (2) Untuk mengetahui sejauh mana tingkat keefektifan penggunaan buku pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan membaca mahasiswa di Pesma Thaybah Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian tesis ini adalah Research and Development (R&D), adapun pendekatan yang digunakan peneliti dalam penelitiannya adalah pendekatan secara kualitatif dan kuantitatif. Adapun rumus yang digunakan peneliti dalam menganalisis data adalah rumus prosentase dan rumus tes-t. Hasil penelitian ini: (1) Buku pembelajaran telah selesai dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan membaca mahasiswa kelas persiapan di Pesma Thaybah Surabaya. Keistimewaan dari buku pembelajaran ini adalah bahwa buku ini difokuskan untuk keterampilan membaca, baik dari sisi teks maupun latihan-latihannya. Kemudian, seluruh teks bacaan yang ada didalamnya menceritakan tentang beberapa keanekaragaman budaya yang ada di Surabaya, tentunya dengan memperhatikan tingkat kemampuan siswa. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan kaidah-kaidah nahwu yang diambil dari kitab al-Ajurumiyah dengan tambahan latihan-latihan yang sangat sederhana. (2) Penggunaan buku pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca mahasiswa kelas persiapan di Pesma Thaybah Surabaya. Hal ini didasarkan pada hasil tes yang mana terdapat peningkatan dari 38,12% pada nilai pretest dan 76,81% pada nilai posttest, dan pada hasil t-test yang mana t-hasil perhitungan 5 % yaitu 8,04% lebih besar dari t-jadwal 5 % yaitu 2,13%, dan hasil ini dikuatkan dengan hasil angket dan wawancara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadiprayetno, Hadiprayetnohadiprayetno28@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Buku Pembelajaran; Keterampilan Membaca
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Hadiprayetno Hadiprayetno
Date Deposited: 08 Feb 2019 09:06
Last Modified: 08 Feb 2019 09:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29397

Actions (login required)

View Item View Item