المحسنات المعنوية في شعر "مجنون ليلى" لقيس بن الملوح

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardiyanti, Riza (2019) المحسنات المعنوية في شعر "مجنون ليلى" لقيس بن الملوح. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riza Ardiyanti_A91215128.pdf

Download (2MB)

Abstract

Qais bin Mulawwah adalah salah satu penyair Arab dari Mutaimin, rakyat Najd. Dia tinggal di masa kejayaan Marwan bin Hakam dan Abdul Malik bin Marwan pada abad pertama imigrasi di gurun Arab. Qais bin Mulawwah terkenal dengan salah satu karyanya yang begitu mendunia di kalangan dunia sastra yaitu Majnun Laila, syiir- syiir yang telah telah ia ciptakan semuanya dipersembahkan untuk kekasihnya yaitu Laila binti Sa’ad. Qais yang begitu cintanya dengan Laila, sehingga ketika orang tua Laila tidak merestui hubungan mereka, seakan-akan Qais menggila dengan menciptakan ratusan syiir yang semuanya tentang pujian kepada Laila, sehingga orang- orang pun menjuluki Majnun Laila (orang yang tergila-gila dengan Laila). Muhassinat Maknawiyah merupakan bagian dari ilmu badi’ yaitu menjelaskan tentang keindahan makna sehingga terungkap kejelasan makna yang dimaksud. Syiir Majnun Laila merupakan syiir yang begitu indah baik dari segi lafadz maupun maknanya. Oleh karena itu, penulis mencoba meneliti syiir Majnun Laila yang kaya akan indahnya pujian-pujian seorang Qais kepada Laila kekasihnya dan ada beberapa pula ratapan seorang Qais karena akhirnya ia tidak bisa menikahi kekasihnya. Serta mencari faidah keindahan makna sehingga bisa memperluas khazanah keilmuan, khususnya sastra Arab. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1.) Apa macam-macam muhassinat maknawiyah dalam syiir Majnun Laila karya Qais bin Mulawwah? 2.) Apa faidah uslub muhassinat maknawiyah dalam syiir Majnun Laila karya Qais bin Mulawwah?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui macam-macam muhassinat maknawiyah dalam syiir Majnun Laila karya Qais bin Mulawwah serta untuk mengetahui faidah uslub muhassinat maknawiyah dalam syiir Majnun Laila karya Qais bin Mulawwah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan menukil beberapa sumber yang memuat tentang muhassinat ma’nawiyah dan buku-buku yang pendukung lainnya yang berhubungan dengan judul. Adapun dalam penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan yang berhubungan dengan judul, diantaranya dalam syiir Majnun Laila terdapat macam-macam uslub muhassinat maknawiyah yaitu (Thibaq salab 2 data), (Thibaq Ijab 11 data), (Muroatin Nadhir 8 data), (Uslub Hakim 2 data), (Husnu at-ta’lil 8 data), (Ta’kid Madh bimaa Yusyabbihu dzam 2 data). Sedangkan faidah dalam uslub muhassinat maknawiyah yakni (Thibaq untuk memperkuat makna diantara makna yang berlawanan tersebut untuk menjelaskan sesuatu), (Tauriyah untuk konsistensi atau kesesuaian antara bait syiir), (Muroatin Nadhir untuk keseimbangan antara bait syiir bagian depan dan belakang), (Uslub Hakim untuk menyesuaikan dengan keadaan penyair), (Husnu Ta’lil untuk melibatkan peristiwa alam dengan alasan sastra sesuai tujuan penyair), (Ta’kid Madh bimaa Yusyabbihu dzam untuk memperkuat pujian atas pujian yang digunakan penyair).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardiyanti, Rizarizaardiyanti54@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Sastra
Keywords: Muhassinat maknawiyah; Syiir Laila Majnun; Qais bin Mulawwah.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ardiyanti Riza
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:23
Last Modified: 22 Feb 2019 02:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29413

Actions (login required)

View Item View Item