القيم الاجتماعية في رواية الظل الأسود لنجيب الكيلاني

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawati, Alin Rizki (2019) القيم الاجتماعية في رواية الظل الأسود لنجيب الكيلاني. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alin Rizki kurniawati_A71215053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nilai-nilai sosial dalam novel Bayang – Bayang Hitam karya Najib Kailani sangat menarik untuk diteliti. Hal ini karena nilai-nilai sosial tersebut dilatar belakangi oleh pergolakan ideologi di Ethiopia, yang terjadi antara kaisar muda bernama Iyasu dan gubernur yang tamak akan kekuasaan bernama Tafari. Nilai – nilai sosial dalam novel tersebut mampu memunculkan al Dzill al Aswad (Bayang-Bayang Hitam) yang dirasakan oleh tokoh antagonis dalam novel ini.Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk nilai sosial dalam novel Bayang-Bayang Hitam karya Najib Kailani ? (2) Bagaimana makna nilai sosial dalam novel Bayang-Bayang Hitam karya Najib Kailani ?Nilai sosial merupakan seperangkat sikap individu yang dihargai sebagai suatu kebenaran dan dijadikan standar bertingkah laku guna memperoleh kehidupan masyarakat yang demokratis dan harmonis. Nilai sosial dibagi menjadi tiga bagian yaitu nilai kasih sayang, nilai tanggung jawab dan nilai keserasian hidup.Metode yang digunakan dalam penelitain ini adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif artinya memaparkan atau mendeskripsikan data yang berupa kata- kata atau gambar secara cermat. Sedangkan kualitatif artinya menginterpretasikan data-data yang sudah ditemukan, kemudian data tersebut dikualifikasikan sesuai permasalahan dalam penelitian ini.Peneliti menemukan delapan bentuk nilai sosial dalam novel Bayang-Bayang Hitam karya Najib Kailani. Nilai-nilai tersebut adalah pengabdian, toleransi, kepedulian, keadilan, kekeluargaan, kesetiaan, tanggung jawab dan kasih sayang. Adapun setiap nilai pasti memiliki makna yang bisa dijadikan pelajaran hidup, misalnya nilai toleransi yang bermakna saling menghargai, manusia diciptakan dengan penuh perbedaan, maka seharusnya manusia harus saling menghormati dan menghargai setiap perbedaan, serta tidak ada diskriminasi antar golongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawati, Alin Rizkialinrizky97@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sosiologi
Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Kurniawati Alin Rizki
Date Deposited: 11 Feb 2019 03:57
Last Modified: 11 Feb 2019 03:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29417

Actions (login required)

View Item View Item