( Cheker Kuntum ) Sejarah Perkembangan Majelis Tafsir Al quran (MTA) di Bojonegoro tahun 2003-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

M, Syukron (2019) ( Cheker Kuntum ) Sejarah Perkembangan Majelis Tafsir Al quran (MTA) di Bojonegoro tahun 2003-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Syukron_A92213152.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Majelis Tafsir Al Quran (MTA) Di Bojonegoro Tahun 2003-2017”. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana Sejarah Munculnya MTA di Bojonegoro?. Kedua, Bagaimana Perkembangan MTA di Bojonegoro Tahun 2003-2017?. Ketiga, Apa sajakah faktor-faktor penghamat dan pendukung dalam perkembangan MTA di Bojonegoro?. Penulisan skripsi ini disusun dengan menggunakan metode penelitian sejarah, yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik sumber), Interpretasi (penafsiran sumber) dan Historiografi (penulisan sejarah). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis. Adapun teori yang digunakan adalah teori konflik oleh Lewis A. Coser dan teori Continuity and Change. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1). MTA Perwakilan Bojonegoro mulai ada pada tahun 2003 yang dicetuskan oleh Ustaz Sugeng Priyono. Selama beberapa tahun berjalan akhrinya faham MTA bertamah luas dan banyak bermunculan pengajian-pengajian MTA di beberapa kecamatan. Pada tahun 2011 terbitlah SK Kepengurusan MTA Perwakilan Bojonegoro dan memiliki 7 Cabang MTA. (2). Perkembangan awala munculnya MTA di Bojonegoro pada tahun 2003, dan mendapatkan SK pada tahun 2011. Perkemangan MTA di Bojonegoro bukan hanya pada sisi kuantitas jamaah, tetapi juga perkembangan sarana serta fasilitas berupa gedung kesekretariatan serta sarana pendukung lainnya. (3). Faktor pendukung dan penghambat keberadaan MTA di Bojonegoro berasal dari 2 hal yakni faktor internal yang berasal dari dalam diri organisiasi dan individu sedangkan faktor eskternal yang berasal dari luar diri organisasi dan individu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
M, Syukronsyukronmuha002@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Masyarakat
Sejarah Peradaban Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Syukron M.
Date Deposited: 02 Jan 2020 02:09
Last Modified: 02 Jan 2020 02:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29756

Actions (login required)

View Item View Item