Studi komparatif pengelolaan Kelas Playgroup Surabaya Montessori School dan Kelompok Bermain Khadijah Pandegiling Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sya'diyah, Halimatus (2019) Studi komparatif pengelolaan Kelas Playgroup Surabaya Montessori School dan Kelompok Bermain Khadijah Pandegiling Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimatus Sya'diyah_D78214021.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian pada anak playgroup surabaya montessori school dan kelompok bermain khadijah pandegiling surabaya dilatarbelakangi oleh kondisi fisik kelas dan model pembelajaran yang berbeda. Model pembelajaran yang diteapkan oleh Playgroup Surabaya Montessori School ialah model pembelajaran montessori dan model pembelajaran yang diterapkan di Kelompok Bermain Khadijah andegiling Surabaya ialah BCCT (beyond center and circle time). Dari model pembelajaran yang berbeda, maka berbeda pula kondisi fisik kelasnya. Kelompok bermaian Khadijah Pandegiling Surabaya membagi kelasnya menjadi beberapa sentra, sedangkan di Playgroup Surabaya Montessori School memiliki kelas besar. Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kelompok bermain usia 3 – 4 tahun, Playgroup Surabaya Montessori School berjumlah 24 anak dan di Kelompok Bermain Khadijah Pandegiling Surabaya berjumlah 17 anak. pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan studi komparatif. Berdasarkan hasil analisis data pengelolaan kelas yang diterapkan di Playgroup Surabaya Montessori School dan Kelompok Bermain Khadijah Pandegiling tersebut dikatakan cukup membantu proses pembelajaran. Kondisi fisik kelas di PlayGroup Surabaya Montessori School dan Kelompok Bermain Khadijah Pandegiling dari ruang pembelajaran, pengaturan tempat duduk, ventilasi dan pengaturan cahaya pengorganisasian kelas, alat pembelajaran, sarana dan prasarana. Semua faktor tersebut berpengaruh positif terhadap lancarnya proses pembelajaran, antara siswa dan guru. Playgroup Surabaya Montessori School memilih model pembelajara montessori dan kelompok Bermain Khadijah Pandegiling Surabaya memilih model pembelajaran BCCT (Beyond Center And Circle Time). Persamaan Playgroup Surabaya Montessori School dan Kelompok Bermain Khadijah Pandegiling, yaitu sarana prasarana yang digunakan dan hasil belajar dikedua sekolah tersebut memiliki target yang sama. Sedangkan perbedaan Playgroup Surabaya Montessori School dan Kelompok Bermain Khadijah Pandegiling yaitu, model pembelajaran, pengelolaan kelas, bahan ajar, bahasa yang digunakan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sya'diyah, Halimatushalimatus1912@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Kondisi fisik kelas; model pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Sya'diyah Halimatus
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:54
Last Modified: 14 Feb 2019 07:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29798

Actions (login required)

View Item View Item