Pesan dakwah Band Wali dalam lirik lagu Abatasa di media sosial Youtube akun Nagaswara Official Video: analisis wacana

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nursyifa', Muhammad Rezqi (2019) Pesan dakwah Band Wali dalam lirik lagu Abatasa di media sosial Youtube akun Nagaswara Official Video: analisis wacana. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rezqi Nursyifa'_B01215033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian kali ini difokuskan untuk menjawab persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu bagaimana makna lirik lagu Abatasa karya Band Wali dalam Analisis Wacana.
Untuk melakukan proses identifikasi secara mendalam dan menyeluruh pada persoalan tersebut digunakanlah metode kualitatif non kancah. Dimana penelti menerapkan prosedur penelitian atau metode yang menghasilkan data deskriptif. Sedangkan jenis penelitian yang kami gunakan adalah Analisis Wacana, yang artinya suatu model yang dipakai meneliti dokumen dapat berupa teks, gambar, simbol, dan sebagainya, dengan menggunakan metode analisis wacana model Teun Van Dijk. Penyajian data yang ada dilakukan dengan cara observasi dan pengamatan. Hasil penelitian terhadap pesan dakwah pada lirik lagu Abatasa karya Band Wali di media sosial Youtube ini, terdapat nilai-nilai pesan dakwah mengajak mencari ilmu, dan meningkatkan taqwa, serta mengajak menjadi seorang mukmin yang sejati. Dengan maksud menyadarkan masyarakat millennial melalui media dakwah agar masyarakat millennial tidak mudah terpengaruh hal-hal negatif di perkembangan zaman dimana teknologi komunikasi yang semakin canggih. Para praktisi dakwah sebaiknya menerapkan dakwah dengan menggunakan lagu dan media sosial sebagai media dakwahnya. Hal ini seperti yang dilakukan Band Wali dimana video lagu Abatasa di upload di media sosial Youtube agar syiar dakwah yang di dendangkan bisa dilihat dan didengarkan oleh kalangan umum terutama masyarakat millennial melalui media sosial Youtube. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang lebih bervariasi dan kompleks maka untuk peneliti berikutnya diharapkan bisa mengkaji karya-karya Band Wali pada lagu-lagu yang lain

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nursyifa', Muhammad Rezqinursyifarezqi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan Dakwah; Lirik Lagu; Media Sosial; Masyarakat Millennial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Nursyifa' Muhammad Rezqi
Date Deposited: 14 Feb 2019 02:54
Last Modified: 14 Feb 2019 02:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/29824

Actions (login required)

View Item View Item