Perubahan sosial dan ekonomi masyarakat Kelurahan Karah Kecamatan Jambangan pasca revitalisasi kawasan Sungai Rolag Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Alfian Rizki (2019) Perubahan sosial dan ekonomi masyarakat Kelurahan Karah Kecamatan Jambangan pasca revitalisasi kawasan Sungai Rolag Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfian Rizki Ramadhan_I03215002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu mengenai apa latar belakang revitalisasi kawasan Sungai Rolag dan bagaimana perubahan sosial dan ekonomi masyarakat kelurahan karah Kecamatan Jambangan pasca revitalisasi di kawasan Sungai Rolag Surabaya. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan sosial ekonomi masyarakat Kelurahan Karah Kecamatan Jambangan pasca revitalisasi di kawasan Sungai Rolag Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah Structural Fungsional Talcott Parsons untuk melihat fenomena yang terjadi pada perubahan sosial ekonomi masyarakat pasca revitalisasi kawasan Sungai Rolag terkait dengan konsep AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latency). Dari hasil penelitian ini ada 3 (temuan) penelitian: Pertama, revitalisasi kawasan Sungai Rolag dilatarbelakangi oleh eksistensi kelompok waria dan kelompok penyamun yang membuat rasa waswas dan resah bagi masyarakat sekitar. Anggapan masyarakat terkait kawasan yang dikenal negatif ini yang melatarbelakangi konsep revitalisasi kawasan Sungai Rolag menjadi kawasan yang edukatif dan interaktif. Kedua, Revitalisasi kawasan Sungai Rolag ini membawa dampak positif dan pengaruh yang signifikan bagi masyarakat sekitar terkait perubahan sosial-ekonomi nya. Ketiga, Perubahan sosial dan ekonomi masyarakat Kelurahan Karah pasca revitalisasi kawasan Sungai Rolag Surabaya tidak serta merta langsung mengalami perubahan, ada beberapa faktor yang mendukung adanya perubahan yang terjadi di masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Alfian Rizkirizkialfian450@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Pengembangan perkotaan
Sosiologi > Sosiologi Kota
Keywords: Perubahan sosial pasca revitalisasi kawasan sungai; Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ramadhan Alfian Rizki
Date Deposited: 15 Feb 2019 03:11
Last Modified: 15 Feb 2019 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30101

Actions (login required)

View Item View Item