إعداد الكتاب المصاحب لكتاب التعبير للمستوى الأول من كتب سلسلة تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة الكلام: البحث والتطوير بجامعة علي بن أبي طالب الإسلامية بسورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Budi (2019) إعداد الكتاب المصاحب لكتاب التعبير للمستوى الأول من كتب سلسلة تعليم اللغة العربية لتنمية مهارة الكلام: البحث والتطوير بجامعة علي بن أبي طالب الإسلامية بسورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Budi Santoso_F120615258.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mahasiswa semester pertama di STAI Ali bin AbiThalib Surabaya mendapatkan beberapa permasalahan dalam proses belajar mengajar. Masalah yang paling menonjol adalah tidak adanya pengembangan buku ta’bir yang mereka pelajari. Terutama yang berkaitan dengan tsaqofah dan latar belakang mereka. Mengatasi masalah ini penulis menyusun buku pendamping keterampilan untuk membantu meningkatkan keterampilan berbicara bagi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui cirri khas atau metode penyusunan buku pendamping untuk ta’bir bagi mahasiswa semester pertama di STAI Ali Bin AbiThalib Surabaya, (2)Mengetahui efektifitas buku pendamping dalam peningkatan kemampuan berbicara, (3) Mengetahui segi pengembangan buku ta’bir semester pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Metodologi yang digunakan adalah (1) Pengembangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, (2) Metode eksperimen melaluipre-test danpost-tes. Sumber data penelitianiniadalah (1) BukuTa’bir SilsilahTa’lim al-Lughah al-‘Arabiyyah semester satu, (2) Dosen pengampu mata kuliahTa’bir , (3) Mahasiswa semester satu STAI Ali Bin AbiThalib Surabaya. Sedangkan instrument penelitian yang digunakan adalah(1) Tes, (2) Angket, (3)Wawancara. Penelitian ini difokuskan pada masalah : “Bagaiamana materi / buku pendamping untuk ta’bir keterampilan berbicara untuk mahasiswa semester satu, kemudian penelitian ini juga mengungkapkan bentuk pengembangan materi ajar keterampilan berbicara sesuai dengan tingkat kebahasaan, lingkungan dan kearifan local serta sejauh mana efektifitas buku pembelajaran yang sudah dikembangkan dimaksud dalam meningkatkan kwalitas keterampilan berbicara mahasiswa bimbingan kelaskhusus STAI Ali Bin Abi Thalib Surabaya. Setelah melalui penelitian yang mendalam diperoleh hasil sebagaiberikut: (1) Buku pendamping bagi buku ta’bir untuk meningkatkan keterampilan berbicara untuk mahasiswa semester satu secara umum bagus dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara sesuai dengan penilaian dari pakar ahli sebesar 83,9% . artinya bahwa buku pembelajaran inilayak digunakan.(2) Buku pendamping tersebut sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bagi mahasiswa, hal ini didasarkan pada hasilpre-test “65”danpost-test“79,43 pada hasilt-test“1,73 < 5,63 > 2,53” yang mana t-hasil lebih besar dari t-tabel, Begitu pula hasil dari angket dan interview menguatkan semua yang telah disebutkan di atas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Budibudisantoso5731@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Komunikasi
Keywords: Buku Pendamping; Keterampilan Berbicara
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Santoso Budi
Date Deposited: 21 Feb 2019 01:17
Last Modified: 21 Feb 2019 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30251

Actions (login required)

View Item View Item