Peningkatan pemahaman pembelajaran tematik tema permainan tradisional dengan metode simulasi estafet kelereng di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisak, Ainin Zarohtin (2019) Peningkatan pemahaman pembelajaran tematik tema permainan tradisional dengan metode simulasi estafet kelereng di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainin Zarohtin Nisak_D77214056.pdf

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini yaitu rendahnya nilai siswa ulangan harian yang disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa kurang memahami pembelajaran. Selain itu pembelajaran hanya terfokus pada guru sehingga siswa merasa jenuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:1) Bagaimana penerapan metode simulasi untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran tematik tema permainan tradisional dengan metode simulasi estafet kelereng di MI Roudhotul Ulum Kebodalem Mojosari Mojokerto? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman pembelajaran tematik tema permainan tradisional dengan metode simulasi estafet kelereng di MI Roudhotul Ulum Kebodalem Mojosari Mojokerto? Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada siklus I metode simulasi estafet kelereng telah diterapkan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode simulasi estafet kelereng dapat meningkatkan aktifitas guru dan siswa. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh nilai 64 (cukup), siklus II meningkat menjadi 78 (baik). Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai 60 (cukup), siklus II meningkat menjadi 80 (baik). Penerapan metode simulasi estafet kelereng dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran tematik tema permainan tradisional kelas III B di MI Roudlotul Ulum Kebondalem Mojosari. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes pemahaman. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 46,6%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 76,6%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisak, Ainin Zarohtinaininzarohtinnisak08@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pemahaman; Pembelajaran Tematik; Metode Simulasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nisak Ainin Zarohtin
Date Deposited: 18 Feb 2019 08:25
Last Modified: 18 Feb 2019 08:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30525

Actions (login required)

View Item View Item