This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nisak, Ainin Zarohtin (2019) Peningkatan pemahaman pembelajaran tematik tema permainan tradisional dengan metode simulasi estafet kelereng di kelas III B Madrasah Ibtidaiyah Roudlotul Ulum Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ainin Zarohtin Nisak_D77214056.pdf Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian tindakan kelas ini yaitu rendahnya nilai siswa ulangan harian yang disebabkan karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa kurang memahami pembelajaran. Selain itu pembelajaran hanya terfokus pada guru sehingga siswa merasa jenuh. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:1) Bagaimana penerapan metode simulasi untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran tematik tema permainan tradisional dengan metode simulasi estafet kelereng di MI Roudhotul Ulum Kebodalem Mojosari Mojokerto? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman pembelajaran tematik tema permainan tradisional dengan metode simulasi estafet kelereng di MI Roudhotul Ulum Kebodalem Mojosari Mojokerto? Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pada siklus I metode simulasi estafet kelereng telah diterapkan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode simulasi estafet kelereng dapat meningkatkan aktifitas guru dan siswa. Pada siklus I aktivitas guru memperoleh nilai 64 (cukup), siklus II meningkat menjadi 78 (baik). Aktivitas siswa siklus I memperoleh nilai 60 (cukup), siklus II meningkat menjadi 80 (baik). Penerapan metode simulasi estafet kelereng dapat meningkatkan pemahaman pembelajaran tematik tema permainan tradisional kelas III B di MI Roudlotul Ulum Kebondalem Mojosari. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil ketuntasan belajar siswa yang diperoleh dari hasil tes pemahaman. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 46,6%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 76,6%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Pemahaman; Pembelajaran Tematik; Metode Simulasi | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Nisak Ainin Zarohtin | ||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2019 08:25 | ||||||
Last Modified: | 18 Feb 2019 08:25 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30525 |
Actions (login required)
View Item |