إعداد كتاب تعليم مهارة القراءة لطلاب المعهد الديني: البحث والتطوير فى المستوى الأسفل بمعهد الكريمية الإسلامي سومنب

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wafi, Muhammad (2019) إعداد كتاب تعليم مهارة القراءة لطلاب المعهد الديني: البحث والتطوير فى المستوى الأسفل بمعهد الكريمية الإسلامي سومنب. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Wafi_F120615270.pdf

Download (6MB)

Abstract

Peniliti mengamati masalah ini saat mengajar di kelas khusus Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Karimiyyah Gapura Sumenep Madura, dan masalah ini terletak pada kesulitan siswi untuk membaca teks-teks yang tidak menggunakan muatan tema-tema budaya lokal Sumenep. Kemudian peneliti berusaha untuk mengarang sebuah buku ajar yang terinspirasi dari tema-tema budaya lokal dalam penyusunan ini terdiri dari tiga masalah , masalah yang pertama bagaimana proses analisis teks-teks materi dan proses pengembangan keterampilan membaca dalam kitab bahasa arab Mustawa Shufla dari sisi budaya khususnya budaya lokal, disamping itu mengetahui seberapa efektif penggunaan teks yang memuat tentang tempat religius di Sumenep. Penelitian ini menggunakan Research and Development yang dibantu dengan eksperimental, dan nilai rata-rata dari hasil tes yang berbeda-beda dalam keterampilan kecepatan dan kelancaran dalam membaca 69,3%, dan keterampilan pemahaman teks-teks 78,1% , dan keterampilan dalam menghubungkan dalam dua gagasan 83,3%. Demikian dari hasil tes tersebut membuktikan bahwa penggunaan tema-tema budaya lokal dalam buku ajar bahasa Arab kelas Mustawa Shufla sangat efektif dalam pengembangan keterampilan membaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wafi, Muhammadmuh.wafichotib@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Keterampilan Membaca; Budaya Daerah; Materi Bahan Ajar; Al Karimiyyah Sumenep; Madura
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wafi Muhammad
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:50
Last Modified: 22 Feb 2019 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30528

Actions (login required)

View Item View Item