Sistem Multil Level Marketing dalam perspektif Hukum Islam dan Undang-Undang No. 7 Tahun 2014 pada PT Moment Global Internasional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sasongko, Fusthathul Nur (2018) Sistem Multil Level Marketing dalam perspektif Hukum Islam dan Undang-Undang No. 7 Tahun 2014 pada PT Moment Global Internasional. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fusthathul Nur Sasongko_C02214006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan Penelitian Lapangan (Field Research) yang berjudul “SistemMulti Level Marketing Dalam Perspektif Hukum Islam dan Undang-Undang No 7 Tahun 2014 (Studi pada PT Moment Global Internasional”, untuk menguraikan tema tersebut maka ada dua rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini yaitu, pertama bagaimana operasional system Multi Level Marketing di PT Moment Global Internasional, dan bagaiamana tinjauan hukum Islam dan UU No 7 Tahun 2014 terhadap aplikasi system Multi Level Marketing di PT Moment Global Internasional. Skripsi ini menggunakan penelitian dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data diolah dengan tahapan organizing, editing dan analzing. Selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan teknik pola pikir deskriptif deduktif yakni mendeskripsikan atau menggambarkan data yang diperoleh dari lapangan terkait praktek bisnis Multi Level Marketing (MLM) yang diterapkan pada PT Moment Global Internasional kemudian dianalisis menggunakan Hukum Islam dan Undnag-undang No 7 tahun 2014 tentang Perdagangan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, praktek system Multi Level Marketing pada PT Moment Global Internasional yang dimulai dari pendaftaran member disertai pembelian produk kemudian member melakukan perekrutan untuk memperbanyak jaringan kerja, dan mendapatkan keuntungan, bonus dan reward. Kedua, analisis praktek jual beli yang digunakan pada PT Moment Global Internasional sudah sesuai dengan rukun dan syarat sah jual beli menurut hukum Islam dan Hukum Positif. Kemudian praktek Multi Level Marketing yang digunakan terdapat sistem yang menimbulkan ighra’ pada fatwa DSN-MUI Nomor 75/DSN-MUI/VII/2009, dan system keuntungan dan bonusnya yang mirip skema piramida yang bertentang dengan pasal 9 Undang-undang No 7 Tahun 2014. Pada akhir penulisan skripsi ini, peneliti menyarankan kepada perusahaan untuk melakukan pembinaan dan pengawasan kepada membernya agar sistem MLM yang dipakai tidak bertentangan dengan perundang-undangan yang berlaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sasongko, Fusthathul Nurscoco17@gmal.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Bisnis
Keywords: Sistem Multil Level Marketing
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sasongko Fusthathul Nur
Date Deposited: 19 Feb 2019 04:12
Last Modified: 19 Feb 2019 04:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30552

Actions (login required)

View Item View Item