المجاز فى منظومة هداية الأذكياء إلى طريق الأولياء للشيخ زين الدين المليباري (دراسة بلاغية ودلالية)؛

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwantara, Rizky Aji (2019) المجاز فى منظومة هداية الأذكياء إلى طريق الأولياء للشيخ زين الدين المليباري (دراسة بلاغية ودلالية)؛. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizky Aji Purwantara_A71214079.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://revolusiakhlaq.blogspot.com

Abstract

Mandzumah Hidayatul Adzkiya Ila Thariqil Auliya’ merupakan salah satu kitab tasawuf yang di dalamnya berisi banyak metafora. Penelitian terhadap mandzumah yang digubah oleh Syaikh Zainuddin Al Malibari ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan kerangka teori yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan teori metafora dalam sudut pandang studi retorika dan semantik. Untuk menyingkap makna metaforis dari karya berbahasa arab ini peneliti menggunakan dua kamus berbahasa arab sebagai alat bantu yaitu Lisanul Arab karya Ibnu Mandzur dan Kitab Al ‘Ain karya Khalil. Sebagaimana kita tahu bahwa bait bait puisi tasawuf memuat beragam metafora dan rahasia maka peran kedua kamus tersebut merupakan hal yang sangat penting dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini berdasarkan kerangka teoritis dan metode yang digunakan peneliti diantaranya: bait-bait yang berisi metafora terdapat dua puluh empat bait. Sedangkan jenis metafora yang ditemukan peneliti berdasarkan sudut pandang ilmu retorika adalah lima jenis, yaitu: majaz aqli, isti’arah tashrihiyah, makniyah, mursal, dan tamtsiliyah. Sedangkan bentuk makna metaforis berdasarkan ilmu semantik terdapat tiga bentuk, yakni: majaz hay, majaz mayit, dan majaz na’im.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwantara, Rizky Ajirizkyaji475@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Agama
Akhlak
Adab
Alam Barzah
Alam Ghaib
Akhlak > Akhlak Mulia
Ahlusunnah Waljama'ah
Bahasa Arab
Biografi > Biografi Islam
Biografi
Budaya Islam
Ibadah
Iman Kepada Allah
Pendidikan Islam
Al Qur'an
Retorika
Salat
Sejarah
Sastra
Tasawuf
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Zainuddin Al Malibari; Metafora; Hidayatul Adzkiya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Purwantara Rizky Aji
Date Deposited: 20 Feb 2019 08:14
Last Modified: 20 Feb 2019 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30618

Actions (login required)

View Item View Item