Keanekaragaman Plankton di sistem sungai bawah tanah Gua Temu Giring Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hermawan, Andi (2019) Keanekaragaman Plankton di sistem sungai bawah tanah Gua Temu Giring Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andi Dwi Hermawan_H91214027.pdf

Download (840kB)

Abstract

Plankton merupakan bioindikator perairan. Gua Temu Giring berlokasi di kawasan karst Tuban yang memiliki sistem sungai bawah tanah sebagai habitat plankton. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kelimpahan, indeks keanekaragaman, indeks keseragaman, dan indeks dominansi di sistem sungai bawah tanah Gua Temu Giring Tuban. Penelitian menggunakan metode deskriptif eksploratif. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan Desember 2018. Lokasi dipilih menggunakan metode purposive sampling, dipilih 6 stasiun. Selanjutnya identifikasi plankton dilakukan di Laboratorium Ekologi UIN Sunan Ampel Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan fitoplankton yang ditemukan terdiri dari 5 kelas, yaitu Bacillariophyceae, Chrysophyceae, Dinophyaceae, Cynaophyceae, dan Conjugatophyceae. Sedangkan zooplankton terdiri dari 3 kelas, yaitu Eurotatoria, Copepoda, dan Spirotrichea. Rata – rata kelimpahan fitoplankton 1.143 sel/L dan zooplankton 30,83 sel/L. Indeks Keanekaragaman fitoplankton tertinggi pada stasiun 5 (1,83) dan zooplankton pada stasiun 6 (1,37). Indeks Keseragaman fitoplankton tertinggi pada stasiun 5 (0,94) dan zooplankton pada stasiun 6 (0,98). Indeks Dominansi tertinggi fitoplankton pada stasiun 1 (0,54) dan zooplankton pada stasiun 2, 3 dan 5 masing-masing (1).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hermawan, Andiandih979@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Lingkungan Hidup
Morfologi
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Ekologi
Keywords: Plankton; Gua; Kelimpahan; Keanekaragaman; Keseragaman; Dominansi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Hermawan Andi Dwi
Date Deposited: 26 Mar 2019 06:51
Last Modified: 26 Mar 2019 06:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30804

Actions (login required)

View Item View Item