Pengaruh penerapan metode Diskusi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akhlaq siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Fitrah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusuma, Pratama Surya Bagus (2011) Pengaruh penerapan metode Diskusi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akhlaq siswa Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Fitrah Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Pratama Surya Bagus Kusuma_D54207019.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/30996

Abstract

Seorang guru yang professional dituntut untuk dapat menampilkan keahliannya sebagai guru di depan kelas. Komponen yang harus dikuasai adalah menggunakan bermacam-macam metode pembelajaran yang bervariasi yang dapat menarik minat belajar siswa dan guru tidak hanya cukup dengan memberikan ceramah di depan kelas. Setiap metode pembelajaran mempunyai karakteristik tertentu dengan segala kelebihan dan kelemahan masing-masing. Teori dan praktek pendidikan modem memperhatikan siswa bukan sebagai penerima yang pasif dan banyak membutuhk.an pengawasan, tetapi harus diarahkan sebagai anak yang aktif berpikir dan bertindak melakukan penggalian potensi yang ada pada diri siswa. Salah satu metode pembelajaran yang menarik dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran adalah metode pembelajaran kooperatif. Dimana metode ini bertujuan melatih siswa untuk dapat bekerja sama dan mengakui perbedaan siswa satu dengan yang lain. Lebih spesifik lagi, bahwa metode pembelajaran kooperatif yang diberikan adalah diskusi. Pada pembelajaran kooperatif tipe diskusi, lebih bersifat bertukar pengalaman untuk menentukan keputusan tertentu secara bersama-sama. Berawal dari sinilah, penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang pengaruh penerapan metode diskusi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akhlaq siswa kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al Fithrah Surabaya. Ada tiga permasalahan yang ingin dijawab dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan metode diskusi di Madrasah Tsanawiyah Al Fithrah? (2) Bagaimana prestasi belajar pada mata pelajaran akhlaq siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Fithrah? (3) Bagaimana pengaruh penerapan metode diskusi terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Akhlaq Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Al Fithrah Surabaya? Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen penelitian guna mempermudah untuk mendapatkan dan mengumpulkan data, yaitu dengan metode, observasi, metode interview (wawancara), metode angket dengan sampel sebanyak 25 dari 246 siswa dan metode dokumentasi. Mengenai penerapan metode diskusi dapat diketahui dari prosentase jawaban responden menggunakan rumus prosentase dengan nilai 83,2 % tergolong baik sedangkan prestasi belajar pada mata pelajaran akhlaq siswa kelas VII setelah melihat pada basil nilai raport (legger) masing-masing siswa yang sebelumnya nilai rata-rata 7,2 menjadi 8 dapat disimpulkan bahwa peningkatan nilai pada mata pelajaran akhlaq tergolong baik. Beradasarkan basil analisa statistik yang telah penulis lakukan yaitu dengan menggunakan rumus product moment menunjukan hasil angka akhlr 0,46 nilai ini jika diinterpretasikan dengan tabel interpratasi berada pada 0,40 - 0,70 sehingga mempunyai korelasi sedang atau cukup. Kesimpulannya bahwa dengan dengan adanya penerapan metode diskusi berpengaruh terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran akhlaq siswa kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Al Fithrah Surabaya. Diskusi biasanya memerlukan waktu yang cukup panjang, padahal waktu pembelajaran di dalam kelas sangat terbatas, sehingga keterbatasan itu tidak mungkin dapat menghasilkan sesuatu secara tuntas. Sebenarnya hal ini tidak perlu dirisaukan oleh guru. Sebab, dengan perencanaan dan persiapan yang matang kejadian semacam itu bisa dihindari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusuma, Pratama Surya Bagus--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Diskusi; prestasi belajar; pelajaran Akhlaq
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2019 07:38
Last Modified: 09 Apr 2019 07:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/30996

Actions (login required)

View Item View Item