الوزن العروضي و تغييراته في شعر ما زلت أطوي النفس لذي الرمة (دراسة عروضية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Linda Nur (2019) الوزن العروضي و تغييراته في شعر ما زلت أطوي النفس لذي الرمة (دراسة عروضية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Linda Nur Azizah_A71215072.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitin ini membahas tentang wazan arudl dan perubahannya dalam syiir maa ziltu athwi al-nafsakarya Li-Dzi al-Rimmah. Syiir ini salah satu dari syiir karya Dzi al-Rimmah yang merupakan penyair pada masa umawi yang sangat terkenal dengan syiir ghozalnya. Dan salah satu syiir ghozalnya yaitu syiir “Maa Ziltu Athwi al-Nafsa” yang mana akan dijadikan bahan penelitian dalam penelitian ini. Syiir ini menggunakan bahasa yang indah dan juga memiliki makna yang indah. Sehingga ketika peneliti membacanya dapat merasakan isi dan maksud dalam syiir tersebut dan peneliti tertarik untuk menganalisis bahr apa yang digunakan dan apakah terdapat perubahan wazan didalam syiir tersebut. Melalui pendekatan deskriptif analisis, peneliti akan menganalisis wazan yang digunakan sehingga bisa menentukan bahr yang digunakan sekaligus perubahan yang terjadi dalam wazan tersebut. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana bentuk wazan arudl dalam syi’ir “Maa Ziltu Athwi al-Nafsa”Li-Dzi al-Rummah?. 2). Bagaimana bentuk perubahan wazan arudl dalam syi’ir “Maa Ziltu Athwi al-Nafsa”Li-Dzi al-Rummah? Adapun hasil analisis penelitian ini adalah : 1.Syi’ir “Maa Ziltu Athwi al-Nafsa”Li-Dzi al-Rummah menggunakan bahar Thowil. 2.Perubahan-perubahan wazan arud dalam Syi’ir “Maa Ziltu Athwi al-Nafsa”Li-Dzi al-Rummah adalah berupa zihafqobadl (pembuangan huruf ke-5 yang mati) hal ini terdapat pada bait ke- 1-7-11-12-13-14-15-16-17-18-19-20-21-23-25-27-28-29-30-31-32-33-34-35-37-38. Dan zihaf al-Jari mazri al-Illah, yaitu yang menempati tempatnya illah. Hal ini terdapat disemua bait.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Linda Nurlindanurazizah7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Adab
Keywords: Perubahan Wazan Arudl; Maa Ziltu Athwi al-Nafsa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Azizah Linda Nur
Date Deposited: 15 Apr 2019 04:25
Last Modified: 15 Apr 2019 04:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31233

Actions (login required)

View Item View Item