Peran guru pendidikan agama islam dalam menangani kasus bullying di SMP Ta'miriyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Ziadatul (2019) Peran guru pendidikan agama islam dalam menangani kasus bullying di SMP Ta'miriyah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ziadatul Hamidah_D01215043.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya siswa yang bermasalah dengan menunjukkan berbagai kasus bullying, begitu juga adanya peran yang baik yang dilakukan oleh bapak dan ibu guru dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa tersebut. Rumusan penelitian yang diambil pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana bentuk-bentuk bullying yang ada di SMP Ta’miriyah Surabaya. (2) Bagaimana faktor penyebab terjadinya bullying di SMP Ta’miriyah Surabaya. (3) Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam menagani kasus bullying yang ada di SMP Ta’miriyah Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperolah melalui observasi, dokumentasi, dan wawacara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama,bentuk-bentuk bullying yang masih terdapat pada SMP Ta’miriyah surabaya. Bullying fisik berupa mencubit dan memukul. Untuk Bullying non-fisik verbal berupa memaki, mengejek, menjuluki, menuduh, menyoraki, menyebar gosip, dan membentak. Untuk Bentuk-bentuk bullying non-verbal berupa melempar korban dengan barang dan mengasingkan korban. Untuk Bullying mental atau psikologis berupa mempermalukan korban dan mengucilkan korban. Kedua, faktor bullying yang ada di smp ta’miriyah surabaya disebabkan dengan banyak faktor kurang perhatiannya orang tua terhadapa anak atau kurangnya kasih sayang karena dari keluarga yang broken home maupun dari keluarga yang ekonominya kurang mampu. Ketiga, peran guru PAI dalam menangani kasus tersebut dengan cara melalui penerapan guru sahabat anak pada siswa smp ta’miriyah surabaya adalah dengan cara memposisikan diri setara, melakukan pendekatan individu, sebagai pasangan curhat dan menerapkan rasa empati, penuh perhatian,menerapkan sikap ramah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Ziadatulziadatulhamidah96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Peran Guru PAI, Bullying
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hamidah Ziadatul
Date Deposited: 16 Apr 2019 01:17
Last Modified: 16 Apr 2019 01:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31267

Actions (login required)

View Item View Item