Pengaruh metode Cooperative Learning terhadap kerjasama siswa dalam kegiatan Ekstrakurikuler

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyakeni, Setya Rahma (2019) Pengaruh metode Cooperative Learning terhadap kerjasama siswa dalam kegiatan Ekstrakurikuler. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Setya Rahma Widyakeni_J01215035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode cooperative learning terhadap kerjasama siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental desain) dengan desain Non Randomized Pretest-Posttest With Control Group Design. Subyek yang digunakan dalam penelitian berjumlah 40 orang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kelas mahir MIPA (sains club) yang terbagi dalam dua kelompok yaitu masing-masing 20 orang pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi, skala kerjasama siswa dan modul metode pembelajaran cooperative learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cooperative learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan kerjasama siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyakeni, Setya Rahmasetyarahmawidyakeni@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Kerjasama siswa; metode cooperative learning
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Widyakeni Setya Rahma
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:04
Last Modified: 15 Apr 2019 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31300

Actions (login required)

View Item View Item