This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Widyakeni, Setya Rahma (2019) Pengaruh metode Cooperative Learning terhadap kerjasama siswa dalam kegiatan Ekstrakurikuler. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Setya Rahma Widyakeni_J01215035.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode cooperative learning terhadap kerjasama siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental desain) dengan desain Non Randomized Pretest-Posttest With Control Group Design. Subyek yang digunakan dalam penelitian berjumlah 40 orang yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler kelas mahir MIPA (sains club) yang terbagi dalam dua kelompok yaitu masing-masing 20 orang pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi, skala kerjasama siswa dan modul metode pembelajaran cooperative learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode cooperative learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan kerjasama siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Kerjasama siswa; metode cooperative learning | ||||||
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi | ||||||
Depositing User: | Widyakeni Setya Rahma | ||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2019 02:04 | ||||||
Last Modified: | 15 Apr 2019 02:04 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31300 |
Actions (login required)
View Item |