الصراع الاجتماعي في مسرحية عودة الفردوس لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nawa, Risyda Khoirin (2019) الصراع الاجتماعي في مسرحية عودة الفردوس لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risyda Khoirin Nawa_A01215041.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konflik sosial yang terdapat dalam drama ‘Audatu al Firdaus karya Ali Ahmad bakhtsir sangat menarik untuk diteliti, karena konflik sosial tersebut muncul dari sikap nasionalisme bangsa Indonesia dalam melawan kebengisan para penjajah demi keutuhan negara Indonesia. Hingga cinta pun harus dikorbankan demi perasaan yang berat akan bangsa ini. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk konflik sosial pada drama ‘Audatu al Firdaus karya Ali Ahmad Bakhtsir. Apa saja faktor yang mempengaruhi konflik sosial pada drama ‘Audatu al Firdaus karya Ali Ahmad Bakhtsir. Konflik sosial adalah gambaran tentang perkelahian atau pertentangan antar individu maupun kelompok, baik secara fisik maupun non fisik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Deskriptif adalah memaparkan atau mendeskripsikan data yang berupa kata – kata atau gambar secara cermat. Sedangkan kualitatif adalah menginterpretasikan data – data yang sudah ditemukan, kemudian data tersebut di kualifikasikan sesuai permasalahan dalam penelitian ini. Penelitian menemukan 18 bentuk konflik sosial dalam drama, diantaranya berupa perdebatan, percekcokan, dan adu mulut. Adapun diantara faktor yang mempengaruhi konflik sosial dalam drama ‘Audatu al Firdaus yaitu adanya sikap, prinsip dan emosi, dan faktor tersebutlah yang bisa menjadi penyebab konflik sosial dalam hubungan sosial antara individu dan antara kelompok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nawa, Risyda Khoirinrisydanawa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Konflik sosial
Keywords: Drama; Nasionalisme; Kemerdekaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nawa Risyda Khoirin
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:34
Last Modified: 15 Apr 2019 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31337

Actions (login required)

View Item View Item