العواطف الأدبية في رواية النبي لخليل جبرات

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Laili Nahdiatul (2019) العواطف الأدبية في رواية النبي لخليل جبرات. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laili Nahdiatul Fitriyah_A01215021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Novel “Almustafa” adalah salah satu karya Khalil Gibran. Dalam novel Khalil Gibran menceritakan tentang Almustafa, hendak kembali ke negerinya dengan menaiki sebuah kapal. Keberangkatannya tertunda oleh pertanyaan-pertanyaan misteri kehidupan yang diajukan oleh penduduk kota. Wejangan-wejangan yang disampaikan oleh Almustafa bertujuan umtuk menginspirasi dan mencerahkan siapa pun yang menyimaknya.Permasalahan dalam penelitian ini adalah, 1. Bagaimana bentuk Athifah Syakhsiyah dalam Novel Almustafa karya Khalil Gibran?, 2. Bagaimana bentuk Athifah Alimah dalam Novel Almustafa karya Khalil Gibran?. Dalam Penelitian ini, peneliti menggunakan teori awatif yang berasal dari kata atifah yang mempunyai makna emosi. Atifah atau emosi ini dibagi menjadi dua yakni emosi syakhsiyah (Emosi yang berdampak positif) meliputu bahagia, pujian, membela, cinta, berjuang, mendukung, rela dan kehormatan. Kemudian Emosi Alimah (Emosi yang berdampak negatif) perasaan atau emosi yang menimbulkan kesedihan, meliputi marah, sedih, complain, gelisah, dengki, menindas, takut, takut kepada Allah, bingung, putus asa dan benci.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Psikologi Sastra. Data yang dihasilkan yaitu, kalimat yeng menunjukkan Emosi Syakhsiyah memiliki 42 Emosi, dan Emosi Alimah memiliki 18 Emosi. Sedangkan bentuk Emosi Syakhsiyah memiliki 6 Emosi, yakni: Senang terdiri dari 7 data, Pujian terdiri dari 5 dta, Pembelaan terdiri dari 5 data, Berjuang terdiri dari 3 data, Cinta terdiri dari 13 data, penyemangat terdiri dari 9 data. Dan Emosi Alimah memiliki 6 Emosi, yakni: Sedih terdiri dari 2 data, Keluhan terdiri dari 4 data, Risau terdiri dari 3 data, Kejam terdiri dari 3 data, Takut terdiri dari 3 data, Bingung terdiri dari 3 data.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Laili Nahdiatullaili.nahdia@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Psikologi
Sastra
Keywords: Awaathif; Riwayah; Khalil Gibran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Fitriah Laili Nahdiatul
Date Deposited: 15 Apr 2019 03:25
Last Modified: 15 Apr 2019 03:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31341

Actions (login required)

View Item View Item