Maqasid al Quran Perspektif Badi’ al Zaman Sa’id al Nursi: telaah penafsiran Surat Al Fatihah dalam Kitab Rasail al Nur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummu, Salamah (2019) Maqasid al Quran Perspektif Badi’ al Zaman Sa’id al Nursi: telaah penafsiran Surat Al Fatihah dalam Kitab Rasail al Nur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummu Salamah_F02517182.pdf

Download (4MB)

Abstract

Teks-teks yang ada dalam al-quran bersifat global, untuk memahaminya membutuhkan berbagai kajian dan pendekatan keilmuan baru sesuai dengan perkembangan kehidupan manusia, agar al-quran salih likulli zaman wa makan. Salah satunya melalui pendekatan maqasid al-quran yang menjadi tren dalam beberapa dekade terakhir, dan di antara beberapa ulama yang memiliki kosep berbeda dengan yang lain dalam mengaplikasikan maqasid al-quran dalam penafsiran adalah Badi’al-Zaman Sa’id al-Nursi, seperti dalam penafsiran surat Al-Fatihah, melalui pendekatan ini ia mampu menjadikan penafsirannya berbeda dari kebanyakan, ia memiliki keunikan serta karakteristrik tersendiri dalam karyanya yang fenomenal Rasail al-Nur. Dari persoalan di atas, maka penulis ingin mengetahui konsep maqasid al-quran yang perspektif Badi’al-Zaman Sa’id al-Nursi serta kandungan maqasid al-quran surat Al-Fatihah dalam karyanya Rasail al-Nur. Dalam hal ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, penulis berupaya mengkaji dan meneliti tafsir Rasail al-Nur karya Sa’id Nursi untuk menemukan konsep maqasid al-quran dan kandungan maqasid dalam surat Al-Fatihah. Sedangkan pendekatan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dengan ‘ilmu munasabat. Hasil penelitian ini yang pertama, bahwa konsep maqasid al-quran konsep maqasid al-quran yang digagas Sa’id Nursi mulai dari maqsad al-‘Am/maqsad al-Kulli (tujuan umum/keseluruhan), maqasid al-Arba’ah al-Asasiyyah, maqasid suwar wa al-Ayat al-Quraniyyah. Keempat unsur dalam “maqasid al-Arba’ah al-Asasiyyah” yaitu “al-Tauhid, al-Nubuwwah, al-Hashr, al-‘Adalah” menjadi landasan untuk memudahkan menggali tujuan-tujuan lain yang terkandung dalam tiap surat, ayat dan lafadh al-quran, yang mana dapat disebut dengan al-maqasid al-taba’iyyah. Kedua, kandungan maqasid al-quran surat al-Fatihah dalam Rasail al-Nur adalah bahwa keempat unsur maqasid al-quran (keesaan Tuhan, kenabian, hari kebangkitan dan keadilan) ada dalam tiap ayat, surat bahkan lafadz sebagaimana disebutkan di atas yang menjadi “maqasid al-Asasiyyah al-Arba’ah” adapun “al-Maqasid al-Taba’iyyah” (tujuan-tujuan tambahan) yang terdapat dalam lafadz, ayat dan surat antara lain tujuan keikhlasan, kesyukuran, pendidikan, pengajaran, ibadah, isti’anah, peringatan, ancaman, hari kebangkitan, kisah-kisah para Nabi dan umat terdahulu, dan juga ilmu pengetahuan, dan masih banyak tujuan lain yang merepresentasikan isi kandungan al-quran dalam surat Al-Fatihah sebagai “Ummu al-Quran” (induk al-quran).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummu, Salamahasysyathiroh94@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Salamah Ummu
Date Deposited: 18 Apr 2019 01:31
Last Modified: 18 Apr 2019 01:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31493

Actions (login required)

View Item View Item