Representasi Gender dalam Film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” : analisis Framing Model William A. Gamson dan Andre Modigilani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufarihah, Lailatul (2019) Representasi Gender dalam Film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” : analisis Framing Model William A. Gamson dan Andre Modigilani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lailatul Mufarihah_B76215087.pdf

Download (3MB)

Abstract

Representasi yaitu bagaimana dunia ini dikonstruksi dan dihadirkan kembali secara sosial kepada dan oleh kita. Sedangkan gender merupakan konstruksi sosial masyarakat mengenai pembagian peran, posisi dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan. Media khususnya film sangat berperan dalam representasi atau penggambaran kembali terutama mengenai gender. Konstruksi yang dihadirkan oleh media memberikan kontribusi dalam pola pikir khalayak. Oleh karena itu, konstruksi media atas suatu realitas yang kemudian ditampilkan kedapa khalayak menjadi suatu hal yang menarik untuk diteliti.Fokus dalam penelitian ini membahas mengenai bagaimana representasi gender dalam film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck”. Model analisis yang digunakan adalah analisis framing model William A. Gamson dan Andre Modigilani yang menekankan pada frame dan package media dalam mengemas suatu ide atau gagasan.Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa gender dalam film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” direpresentasikan dengan mendiskriminasi perempuan. Maksudnya adalah perempuan dalam film ini banyak ditampilkan menjadi sosok yang tertindas dan selalu disalahkan. Selain itu, perempuan seakan menjadi sosok yang tidak berharga dan diibaratkan seperti barang yang diperjualbelikan yang hanya bisa dimiliki oleh pihak yang memiliki harta kekayaan dan kedudukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufarihah, Lailatullailatul.mufarihah@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Film
Keywords: Representasi; Gender; Film; Analisis Framing Model William A. Gamson; Andre Modigilani.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mufarihah Lailatul
Date Deposited: 23 Apr 2019 03:54
Last Modified: 03 May 2019 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31523

Actions (login required)

View Item View Item