تطوير مواد تعليم مهارة القراءة على مستوى المتوسط في ضوء المنهج 2013: البحث والتطوير مع التطبيق على تلاميذ اللغة العربية في الصف السابع بمدرسة رادن فتاح المتوسطة الإسلاميةكسامبن ويتان دريورجو كرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslim, Edi Ichwanun (2019) تطوير مواد تعليم مهارة القراءة على مستوى المتوسط في ضوء المنهج 2013: البحث والتطوير مع التطبيق على تلاميذ اللغة العربية في الصف السابع بمدرسة رادن فتاح المتوسطة الإسلاميةكسامبن ويتان دريورجو كرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Edi Ichwanun Muslim_F120615260.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu penelitian yang menghasilkan sebuah produk pembelajaran. Produk tersebut diharapkan menjadi solusi terhadap problem-problem yang mendasari penelitian ini. Adapun problem yang mendasari penelitian penelitian ini adalah Terdapatnya banyak problem dalam proses pengajaran di Madrasah Tsanawiyah Driyorejo Gresik. Diantra beberapa problem yang menonjol adalah ketidaksiapan lembaga dalam memenuhi unsur-unsur pokok dalam kegiatan belajar mengajar seperti silabus, buku ajar, kurikulum, dan lain sebagainya. Sehingga segalanya dibebankan kepada seorang guru dan menjadi tanggung jawabnya untuk memersiapkan semuanya secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab serta memberikan solusi terhadap problematika tersebut, atas dasar itulah penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian dan pengembangan (R & D). Nilai rata-rata dari hasil tes yang berbeda-beda dalam keterampilan kecepatan dan kelancaran dalam membaca 69,3%, dan keterampilan pemahaman teks-teks 78,1% , dan keterampilan dalam menghubungkan dalam dua gagasan 83,3%. Demikian dari hasil tes tersebut membuktikan bahwa pengembangan buku ajar bahasa Arab Kurikulum 2013 kelas tujuh lebih efektif dalam pengembangan keterampilan membaca.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslim, Edi IchwanunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Pengembangan; Materi; Keterampilan Membaca
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muslim Edi Ichwanun
Date Deposited: 22 Apr 2019 04:17
Last Modified: 22 Apr 2019 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31637

Actions (login required)

View Item View Item