Upaya sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru Program Tartil Al Quran: studi multi kasus di SMP Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya dan SMP 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romli, Muhamad (2019) Upaya sekolah dalam peningkatan profesionalisme guru Program Tartil Al Quran: studi multi kasus di SMP Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya dan SMP 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Romli_F52317091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profesionalisme guru program Tartil al-Qur’an, bagaimana kondisi kemampuan peserta didik dalam membaca Al-Qur’an, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat penguatan profesionalisme guru Tartil al-Qur’an di SMP Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) Surabaya dan SMP 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya. Sehingga guru Tartil al-Qur’an dikategorikan sebagai guru yang profesionalisme. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di SMP Sekolah Alam Insan Mulia (SAIM) dan SMP 17 Agustus 1945 Surabaya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dan selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profesionalisme guru Tartil al-Qur’an di SMP Sekolah Alam Insam Mulia (SAIM) dan SMP 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya adalah dengan adanya supervisi akademik, pelatihan, pembinaan rutin, micro teaching dan evaluasi kinerja guru, adapun kondisi keberhasilan kemampuan peserta didik dalam membaca al-Qur’an antara kedua sekolah ini ada perbedaan jika di porsentasekan, yaitu SMP Sekolah Alam Insan Mulia antara 90% dari target yang di tentukan sedangkan SMP UNTAG masih mencapai 60-70% dari target yang ditentukan. Artinya kemampuan peserta didik di SMP SAIM lebih baik dibandingkan dengan SMP UNTAG. Faktor-faktor pendukung dalam penguatan profesionalisme guru program tartil al-Qur’an di kedua sekolah tersebut adalah adanya kesadaran dalam mengikuti kegiatan penguatan profesionalisme guru dan didukung dengan adanya program kerja Tartil Qur’an yang lain di SMP SAIM. Ketiga, didukung fasilitas dan suport yang kuat dari lembaga UNTAG. Keempat, pengaturan waktu pembelajaran al-Qur’an yang fleksibel, dan kelima target dan pembelajaran al-Qur’an diseragamkan. Faktor penghambatnya adalah adanya perpindahan metode yang lama ke metode yang baru, kurangnya kesadaran guru dalam mengikuti kegiatan penguatan profesionalisme program Tartil Qur’an dalam pembelajaran, kurangnya penguasaan guru di dalam kelas, kurangnya motivasi belajar peserta didik, kurangnya keinginan guru pada peningkatan kinerja pembelajaran. Kemampuan dasar guru yang bersifat hetrogen.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romli, Muhamadmochromi225@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Profesionalisme guru; Program Tartil al Qur’an
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Romli Muhamad
Date Deposited: 29 Apr 2019 03:22
Last Modified: 29 Apr 2019 03:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/31832

Actions (login required)

View Item View Item