تأثير تطبيق التعلم التعاوني على نوع فكر وزوج وقسم محو مهارة الكلام للتلاميذ في الفصل العاشر بالمدرسة العالية الاسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamilah, Uswatun (2010) تأثير تطبيق التعلم التعاوني على نوع فكر وزوج وقسم محو مهارة الكلام للتلاميذ في الفصل العاشر بالمدرسة العالية الاسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Kamilah_D02205054.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32069

Abstract

Salah satu Model yang digunakan dalam pembelajaran adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share). Model Pembelajaran ini sangat efektif untuk meningkatkan ketrampilan berbicara bagi siswa dalam pembelajarau bahasa arab karna dalarn penggunaan Model Pembelajaran tersebut, siswa juga ikut berperan aktif yaitu dengan melalui proses berpikir, berdiskusi dengan teman sebangku atau kelompok kecil yang telah dibentuk dan mendiskusikan bersama dikelas. Atas alasan inilah, penulis terdorong untuk mengadakan penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Surabaya. Untuk mengetahui beberapa permasalahan yang terdapat dalam penelitian tersebut maka dirumuskan beberapa masalah antara lain; (1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) pada pembelajaran Bahasa Arab di Madrasal1 Aliyah Negri Surabaya, (2) bagaimana ketrampilan berbicara Bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Negri Surabaya, (3) bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) Terhadap Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negri Surabaya. Untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan permasalahan tersebut, maka penulis menggunakan 4 (empat) instrumen pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket analisis data dalam penulisan slaipsi ini yaitu menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan rumus Product Moment. Adapun hasil penelitian yang didapat yaitu (1) bahwa penernpan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) pada pembelajaran Bahasa Arab termasuk kategori baik, dengan melihat hasilnya yaitu 3,3. (2) ketrampilan berbicara Bahasa Arab siswa kelas X Madrasah Aliyah Negri Surabaya termasuk kategori baik, dcngan melihat hasilnya yaitu 3,2. (3) Sedangkan pengaruh Pcncrapan Model Pembclajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) Tcrhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negri Surabaya diterima dengan adanya dalil rhitung (0,672) lebih bcsar dari ttabel (0,403) 5% I (0,3 l 2) 1 %. Yang berarti pengaruhnya kuat dan jika dilihat dari rxy terletak antara 0,60-0,80, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) berpengaruh terhadap Ketrampilan berbicara Bahasa Arab siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamilah, Uswatun--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Kooperatif; TPS; Think-Pair-Share; Ketrampilan Berbicara Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 May 2019 02:27
Last Modified: 29 May 2019 02:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32069

Actions (login required)

View Item View Item