Analisis hukum pidana Islam dan Fiqh Al Biah terhadap pertimbangan hukum Hakim dalam putusan nomor: 653/Pid.Sus-LH/2017/PN.Kag tentang tindak pidana pembakaran lahan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Assidqy, Achmad Alif (2019) Analisis hukum pidana Islam dan Fiqh Al Biah terhadap pertimbangan hukum Hakim dalam putusan nomor: 653/Pid.Sus-LH/2017/PN.Kag tentang tindak pidana pembakaran lahan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Alif Assidqy_C93215042.pdf

Download (20MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Analisis Hukum Pidana Islam Dan Fiqh Al-Bi’ah Terhadap Pertimbangan Hukum Hakim Dalam Putusan Nomor : 653/Pid.Sus-LH/2017/PN.Kag Tentang Tindak Pidana Pembakaran Lahan” bertujuan untuk menjawab pertanyaan ; 1). Bagaimanakah Pertimbangan Hukum Hakim Dalam Putusan Nomor : 653/Pid.Sus-LH/2017/PN.Kag.? dan 2) Bagaimanakah Analisis Hukum Pidana Islam dan Fiqh Al-Biah terhadap tindak pidana pembakaran lahan? Bahan yang di perlukan dalam Penelitian ini adalah dengan studi kepustakaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normatif yang berdasarkan pada perundang-undangan dan asas-asas yang berlaku. Pendekatan Penelitian ini adalah dengan menggunakan Pendekatan Perundang-undangan (Statute Aproach), pendekatan kasus (Case Aproach) dan pendekatan konseptual (Conceptual Aproach). Bahan-bahan hukum yang dikumpulkan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum dalam penyusunan skripsi ini adalah dengan metode Library Research atau metode studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pengadilan Negeri Kayuagung yang telah memeriksa dan mengadili kasus tindak pidana pembakaran lahan. Terdakwa di jerat dengan pasal 187 ayat (1) KUHP tentang kejahatan yang membahayakan keamanan umum bagi orang atau barang dengan putusan pidana penjara 1 (satu) tahun 6 (enam) bulan. Tindak pidana ini dalam hukum pidana Islam dihukum dengan jarimah ta’zir dan menurut fiqh al-biah adalah tindakan yang haram. Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka di harapkan adanya kesadaran masyarakat untuk tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar. Masyarakat dapat beralih dengan cara yang aman seperti menggunakan traktor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Assidqy, Achmad Alifachmad_alif19@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Fiqh Al Biah; pertimbangan hukum Hakim; pembakaran lahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Assidqy Achmad Alif
Date Deposited: 24 Jun 2019 06:27
Last Modified: 24 Jun 2019 06:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32223

Actions (login required)

View Item View Item