Studi analisis hukum Islam terhadap Jual Beli Udang di Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiq, Ainur (2010) Studi analisis hukum Islam terhadap Jual Beli Udang di Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Rofiq_C02205042.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/32236

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan bagaimana proses transaksi jual beli udang di Desa Pangkahkulon? Bagaimana analisis hukum Islam tentang jual beli udang di Desa Pangkahkulon?Data penelitian dihimpun melalui teknik interview dan observasi selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode induktif kemudian di tarik kesimpulan yang bersifat khusus dengan menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik jual beli udang di Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik dilakukan dengan menentukan akad jual beli udang yang dilakukan oleh juragan dan tengkulak. Akan tetapi apabila tengkulak mengalami kerugian maka tengkulak tidak membayar sesuai dengan kesepakatan akad sebelumnya. Transaksi jual beli udang di Desa Pangkahkulon Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik tersebut tidak sah dalam perspektif hukum Islam, disebabkan terjadi perubahan harga dan merusak kesepakatan sebelumnya antara pembeli (tengkulak) dengan penjual Guragan). Maka dari itu diperlukan ketegasan dari kedua belah pihak antara penjual dan pembeli yang melakukan praktek jual beli udang tersebut, harus sesuai dengan akad yang telah disepakati sebelumnya. Agar tidak terjadi kesalahpahaman diantara kedua belah pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiq, Ainur--UNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Ikan > Perikanan Tambak
Keywords: Jual Beli; Udang; juragan; tengkulak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2019 02:39
Last Modified: 24 Jun 2019 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32236

Actions (login required)

View Item View Item