Peran majalah Aliran Baroe dalam menumbuhkan semangat nasionalisme komunitas Arab di Surabaya: 1938-1942

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziz, Muhammad Akram (2019) Peran majalah Aliran Baroe dalam menumbuhkan semangat nasionalisme komunitas Arab di Surabaya: 1938-1942. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Akram Aziz_A02213063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Terinspirasi dari dinamika sejarah pergerakan nasional yang tak hanya diwarnai oleh perjuangan bersenjata, tetapi juga dengan penyebar luasan ide dan gagasan kemerdekaan melalui media pers, penelitian ini menjadikan peran majalah Aliran Baroe dalam menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan komunitas etnis Arab di Surabaya sebagai obyek pengamatan utama. Dengan menggunakan pendekatan historis dan metode penelitian heuristik, kemudian mengilustrasikan data-data dengan teori siklus sejarah Ibn Khaldun, maka ditemukan beberapa fakta mengenai sejarah, perkembangan, dan peran majalah Aliran Baroe di dalam menyadarkan komunitas Arab di Surabaya yang sebelumnya dikenal kolot dan konservatif. Pertama, majalah Aliran Baroe terbit sejak 1938 sampai 1941. 1928 menjadi tahun pendirian majalah Aliran Baroe yang dilatar belakangi oleh semangat perlawanan kaum muda atas pemahaman dan tradisi kaum tua di kalangan masyarakat Arab Surabaya. Kedua, 1939-1940 adalah puncak kejayaan majalah Aliran Baroe yang ditandai oleh kemajuan finansial, keluasan akses pembaca, dan perkembangan rubrikasi. Ketiga, kehancuran majalah Aliran Baroe setelah Hoesin Bafagieh, pendiri sekaligus pengasuh majalah, ditangkap dan diasingkan oleh kolonial Jepang. Meski cukup singkat, majalah Aliran Baroe pada nyatanya berperan penting—bersama PAI—dalam menumbuhkan semangat nasionalisme ke-Indonesia-an yang ditandai oleh partisipasi komunitas Arab dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan Indonesia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziz, Muhammad Akrambhreakram@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah > Sejarah Indonesia
Media Massa
Sejarah
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Majalah Aliran Baroe; Komunitas Arab; Nasionalisme
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Aziz Muhammad Akram
Date Deposited: 10 Jul 2019 08:12
Last Modified: 10 Jul 2019 08:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32275

Actions (login required)

View Item View Item