Efektifitas inovasi Guru melalui jurnal belajar dalam mengembangkan sikap optimis siswa belajar PAI di SMP Harapan Podoroto Kesamben Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masykur, Ahmad Udi (2010) Efektifitas inovasi Guru melalui jurnal belajar dalam mengembangkan sikap optimis siswa belajar PAI di SMP Harapan Podoroto Kesamben Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Udi Masykur_D01303043.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fenomena negatif terkait pendidikan formal di sekolah pada faktanya bisa terwujud pada kemalasan siswa untuk mengikuti proses belajar mengajar di kelas. Akibatnya banyak terjadi bangku-bangku kosong tatkala proses belajar mengajar tengah berlangsung. Kondisi yang seperti ini juga banyak di jumpai pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di sekolah-sekolah umum. Indikasinya, dari sekitar 40 bangku yang ada terisi hanya 20 bangku, sedang sisanya seringkali beralasan izin dan ada juga yang tanpa izin. Fakta ini pula yang kemudian menjadi embrio kemalasan peserta didik pada pelajaran yang lain. Alasan yang mengemuka ini tidaklah berlebihan, sebab optimisme untuk belajar agama merupakan tujuan mendasar dalam pendidikan dan dirasa sangat penting untuk selalu di tanamkan sejak dini, sampai menjadi sebuah kebiasaan sehari-hari. Sebagai bentuk inovasi guru, jurnal belajar di terapkan guna bisa menjawab titik masalah yang kerap terjadi dalam kegiatan belajar mengajar. Bagi siswa, melalui jurnal belajar dimungkinkan juga untuk bisa memasukkan pemikiran pribadi atau opini, baik untuk dipublikasikan maupun hanya sekedar ekspresi diri saja sebagai dokumen pribadi yang tidak perlu diketahui pihak lain. Melihat latar belakang persoalan minimnya sikap optimis siswa dalam belajar PAI, khususnya yang terjadi pada sekolah-sekolah umum, untuk mengetahui ruang lingkup persoalan pentingnya inovasi guru dan sikap optimis siswa, maka penelitian ini di fokuskan pada efektifitas inovasi guru melalui jurnal belajar dalam mengembangkan sikap optimis siswa belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Harapan Kesamben Jombang. Dalam penelitian ini yang di bahas adalah Bagaimana pelaksanaan jurnal belajar dalam mengembangkan sikap optimis siswa belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Harapan Kesamben Jombang ? Bagaimanakah sikap optimis siswa belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Harapan Kesamben Jombang ? Adakah efektifitas inovasi guru melalui jurnal belajar dapat mengembangkan sikap optimis siswa belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Harapan Kesamben Jombang? Jenis penelitian ini adalah penelitian ekperimen. Penelitian eksperimen yaitu penelitian yang membandingkan antara kelas control dan kelas eksperimen dengan menerapkan treatment Jurnal Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data berupa angka sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui. Angkaangka yang terkumpul sebagai hash l penelitian dianalisis dengan menggunakan metode statistik. Pendekatan kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan dari data kuantitatif. Sedangkan untuk tehnik pengambilan datanya dengan menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisa data menggunakan tehnik analisa means dan tehnik analisa "t" test dengan menggunakan rumus uji t. Bahwa penggunaan jurnal belajar dalam meningkatkan sikap optimis siswa cukup efektif, hasil dari rumus uji "t" adalah to= 20,09594. Kemudian hasil yang didapatkan di konsultasikan pada tabel koefisien uji t dengan df= 36 pada taraf 5% dan 1% yaitu 2,03 dan 2,72. sehingga to kbih besar dan i tt, maka apabila merujuk pada hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya, maka Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masykur, Ahmad UdiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Guru
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Media
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Jurnal Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 28 Jun 2019 02:20
Last Modified: 28 Jun 2019 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32317

Actions (login required)

View Item View Item