Budaya Sekolah dalam membentuk sikap Kesalehan Sosial Siswa: studi multi kasus di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamimah, Hamimah (2019) Budaya Sekolah dalam membentuk sikap Kesalehan Sosial Siswa: studi multi kasus di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hamimah_F52317374.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada hakikatnya Sikap kesalehan sosial diantara anggota sekolah akan bisa terbentuk secara utuh manakala didalamnya tercipta budaya sekolah yang baik. Hal ini bisa dilihat dari dua aspek yaitu aspek konseptual dan aspek filosofi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1)Budaya Sekolah dalam membentuk sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami, Jrengik Sampang Madura. 2) Sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami, Jrengik Sampang Madura. 3) Faktor Pendukung dan penghambat pembentukan sikap kesalehan sosial di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Budaya sekolah dalam membentuk sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura ditinjau dari aspek konseptual, yang terdiri daristruktur organisasi, kurikulum, behavioral, dan material, mempunyai persamaan dan perbedaan. 2) Sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Darussalam Ketapang Sampang tergolong sangat baik, dengan nilai rata-rata 81.44996. Sedangkan Sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura juga termasuk kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata 84.45484. 3) Faktor Pendukung terbentuknya sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan di MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura adalah adanya dukungan dari masyarakat sekitar dan wali murid,keterlibatan guru dan yayasan setiap ada program sekolah, program kegiatan pengembangan diri yang ada di Sekolah. Adapun yang menjadifaktorpenghambat terbentuknya sikap kesalehan sosial siswa adalah adanya benturan antara kalender sekolah dengan kalender yayasan, dan sering adanya benturan antara kegiatan-kegiatan sekolah dengan kegiatan pondok, dan keterbatasan finansial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamimah, Hamimahjhanyy81@gmail.comF52317374
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@uinsby.ac.idUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Budaya Sekolah; Pembentukaan Sikap; Kesalehan Sosial
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hamimah Hamimah
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:55
Last Modified: 31 Jul 2019 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32627

Actions (login required)

View Item View Item