This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hamimah, Hamimah (2019) Budaya Sekolah dalam membentuk sikap Kesalehan Sosial Siswa: studi multi kasus di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Hamimah_F52317374.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pada hakikatnya Sikap kesalehan sosial diantara anggota sekolah akan bisa terbentuk secara utuh manakala didalamnya tercipta budaya sekolah yang baik. Hal ini bisa dilihat dari dua aspek yaitu aspek konseptual dan aspek filosofi. Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1)Budaya Sekolah dalam membentuk sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami, Jrengik Sampang Madura. 2) Sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami, Jrengik Sampang Madura. 3) Faktor Pendukung dan penghambat pembentukan sikap kesalehan sosial di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Budaya sekolah dalam membentuk sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura ditinjau dari aspek konseptual, yang terdiri daristruktur organisasi, kurikulum, behavioral, dan material, mempunyai persamaan dan perbedaan. 2) Sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Darussalam Ketapang Sampang tergolong sangat baik, dengan nilai rata-rata 81.44996. Sedangkan Sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura juga termasuk kategori sangat baik, dengan nilai rata-rata 84.45484. 3) Faktor Pendukung terbentuknya sikap kesalehan sosial siswa di MTs. Darussalam Ketapang Sampang dan di MTs. Al Falah Al Islami Jrengik Sampang Madura adalah adanya dukungan dari masyarakat sekitar dan wali murid,keterlibatan guru dan yayasan setiap ada program sekolah, program kegiatan pengembangan diri yang ada di Sekolah. Adapun yang menjadifaktorpenghambat terbentuknya sikap kesalehan sosial siswa adalah adanya benturan antara kalender sekolah dengan kalender yayasan, dan sering adanya benturan antara kegiatan-kegiatan sekolah dengan kegiatan pondok, dan keterbatasan finansial.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan - Karakter | ||||||||
Keywords: | Budaya Sekolah; Pembentukaan Sikap; Kesalehan Sosial | ||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Hamimah Hamimah | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2019 02:55 | ||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2019 02:55 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/32627 |
Actions (login required)
View Item |